KONDISI USAHA NASABAH BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) AL-AMIN DI KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU

Astuti, (2010) KONDISI USAHA NASABAH BAITUL MAAL WA TAMWIL (BMT) AL-AMIN DI KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201010EI.pdf

Download (301kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “KONDISI USAHA NASABAH BAITUL MAAL WA TAMWIL AL-AMIN PEKANBARU DI KECAMATAN BUKIT RAYA PEKANBARU” Lembaga Keuangan Syariah Mikro BMT al-Amin Pekanbaru adalah salah satu BMT di Pekanbaru, yang sebagaimana pada umumnya berorientasi pada upaya peningkatan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Selama ini BMT alAmin Pekanbaru dalam kaitannya dengan masyarakat telah melakukan penghimpunan dana (funding) dan menyalurkan dana (financing). Berdasarkan observasi pendahuluan kondisi usaha nasabah BMT al-Amin Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru ditemukan masih ada yang belum meningkat. Sehingga penulis ingin mengetahui lebih dalam tentang kondisi usaha nasabah Baitul Maal al-Amin Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Penelitian ini dilakukan pada Lembaga Keuangan Syariah Mikro BMT alAmin Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Pasir Putih No. 14D/46 Marpoyan Kelurahan Simpang Tiga Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru Kode Pos 28284 telepon 0761-7071652 Fax. 0761-673811. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi usaha nasabah BMT al-Amin di Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, dan Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kondisi usaha nasabah BMT al-Amin di Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah para nasabah yang menggunakan jasa dana pembiayaan BMT al-Amin Pekanbaru. Sedangkan objeknya adalah kondisi usaha nasabah BMT al-Amin Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan angket. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi usaha pada nasabah BMT al-Amin di Kecamatan Bukit Raya Pekanbaru, secara cermat dan teliti dan dilihat dari angket yang telah disebarkan menunjukkan bahwa kondisi usaha nasabah BMT al-Amin digolongkan membaik ataupun meningkat. Sedangkan faktor yang mempengaruhi kondisi usaha nasabah BMT al- Amin yang bersifat internal antara lain manajemen, kejujuran, kemampuan dan kepribadian nasabah, kerja keras, dan kreativitas. Dan ada yang bersifat eksternal, antara lain yaitu: pembinaan dari BMT, pengawasan dari BMT, banyaknya pelanggan, dan maksimalnya modal yang diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:59
Last Modified: 25 Aug 2017 03:59
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10793

Actions (login required)

View Item View Item