Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PELAKSANAAN ZAKAT PENJUALAN HASIL KELAPA SAWIT DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DIKELURAHAN KERUMUTAN KECAMATAN KERUNUTAN)

Diana Kusneti (2010) PELAKSANAAN ZAKAT PENJUALAN HASIL KELAPA SAWIT DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DIKELURAHAN KERUMUTAN KECAMATAN KERUNUTAN). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201008EI.pdf

Download (488kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul: “PELAKSANAAN ZAKAT PENJUALAN HASIL KELAPA SAWIT DITINJAU MENURUT HUKUM ISLAM (Studi Kasus Di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan)”. Adapun penulisan skripsi ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan penghitungan harta zakat penjualan hasil kelapa sawit diperkebunan masyarkat yang tergabung dalam koperasi PT. Lembah Subur Kelurahan kerumutan yang tidak sesuai dengan ketentuan Islam. Hasil dari perkebunan sawit yang didapat masyarakat Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan cukup baik, dalam satu kali panen mereka mendapat minimal Rp. 1.500.000,00. (satu juta lima ratus ribu rupiah). Sedangkan masyarakat memanen hasil kebun kelapa sawitnya sebanyak 36 kali panen dalam satu tahun. Akan tetapi masyarakat Kelurahan Kerumutan mengeluarkan zakat penjualan hasil kelapa sawitnya tidak pada keseluruhan panen dalam satu tahun, melainkan hanya membayarkan zakat satu kali panen saja di ujung tahun dengan mengabaikan 35 kali panen yang lainnya. Hal ini telah menjadi kebiasaan masyarakat yang telah berlaku sejak dahulu. Dalam penulisan skripsi ini, penulis mengangkat beberapa pokok permasalahan, yakni pelaksanaan zakat penjualan hasil kelapa sawit oleh masyarakat Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan Kabupaten Pelalawan, sistem penghitungan zakat penjualan hasil kelapa sawit oleh masyarakat Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan dan tinjauan hukum Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang berlokasi di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Adapun metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui angket, wawancara dan observasi sebagai data primer yang dihimpun dari masyarakat. Sedangkan data sekunder adalah data yang diperoleh dari pemuka-pemuka masyarakat, alim ulama dan cerdik pandai di masyarakat Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Setelah data tersebut diperoleh, lalu dianalisa dengan menggunakan teknik deskriptif analitik. Melalui angket, wawancara dan observasi di lapangan dengan responden diperoleh jawaban-jawaban tentang pelaksanaan dan penghitungan zakat penjualan hasil kelapa sawit di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan. Setelah diketahui pelaksanaan dan penghitungan zakat tersebut, maka penulis meninjau dengan pandangan hukum Islam dengan menampilkan nash-nash al-Qur’an dan hadits untuk mempertegas kesimpulan yang ditarik. Dari uraian-uraian yang disajikan dan dari berbagai tinjauan, maka penulis memperoleh jawaban bahwa pelaksanaan dan penghitungan zakat penjualan hasil kelapa sawit di Kelurahan Kerumutan, Kecamatan Kerumutan, Kabupaten Pelalawan yang tidak menjumlahkan seluruh hasil panen dalam satu tahun adalah suatu perbuatan yang tidak sesuai dengan ketentuan syari’at Islam karena dengan tidak dikeluarkannya zakat yang sesuai dengan ketentuan yang ada berarti mereka telah memakan harta yang bukan hak mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah)
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:47
Last Modified: 25 Aug 2017 03:53
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10788

Actions (login required)

View Item View Item