ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR KREDIT PENGUSAHA KECIL PADA PT. BANK RIAU CABANG PEMBANTU DURI

Lisa Mandasari, (2010) ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR KREDIT PENGUSAHA KECIL PADA PT. BANK RIAU CABANG PEMBANTU DURI. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201023PS.pdf

Download (360kB) | Preview

Abstract

Laporan akhir ini berjudul “Analisis Sistem Dan Prosedur Kredit Pengusaha Kecil Pada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Duri”. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah bagaimana sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil pada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Duri . Penulis menganalisa sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil ini karena penulis ingin mengetahui bagaimana sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil ini sudah sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan. Dan apakah sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil ini menyulitkan nasabah atau malah sebaliknya dengan bunga yang telah ditetapkan. Melihat kondisi tersebut penulis ingin mengetahui lebih jauh bagaimana sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil yang ditetapkan selama ini, bagaimana kriteria-kriteria nasabah pada kredit pengusaha kecil tersebut dan bangaimana sistem dan prosedur kredit usaha kecil menurut ekonomi Islam yang ditetapkan pada Bank Riau Cabang Pembantu Duri. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT Bank Riau Cabang Pembantu Duri. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer yaitu data yang diperoleh langsung dari pihak PT Bank Riau Cabang Pembantu Duri dan pengusaha kecil yang mengambil fasilitas kredit pada bank tersebut dan sumber data sekunder yaitu data yang diperoleh dari informasi informasi yang bersangkutan dengan penelitian ini dan buku-buku referensi yang penulis gunakan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana sistem dan prosedur kredit pengusaha kecil pada PT. Bank Riau Cabang Pembantu Duri dalam memperoleh pinjaman. Dengan metode pengumpulan data serta wawancara, dukumentasi, dan observasi. Setelah data terkumpul penulis melakukan analisa data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan metode penulisan deduktif, induktif dan dekriptif. Setelah penulisan ini dilakukan dan dianalisa, maka penlis dapat menarik kesimpulan sebagai berikut : 1. Dalam memberikan kredit kepada nasabah, bank harus meneliti terlebih dahulu apakah kredit tersebut layak diberikan kepada nasabah atau tidak, sehingga bank tidak mengalami kemacetan dalam menagihnya. 2. Kredit yang diberikan kepada nasabah harus sesuai dengan sistem dan prosedur yang berlaku di bank, sehingga nasabah harus memberikan data data yang akurat agar bank tidak keliru dalam mencatat data nasabah kekomputer. 3. Sistem dan prosedur kredit yang menggunakan bunga menurut ekonomi islam adalah haram, berdasarkan pendapat ulama yang berlandaskan al qur’an dan hadist.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 25 Aug 2017 03:24
Last Modified: 25 Aug 2017 03:24
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10780

Actions (login required)

View Item View Item