PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUNGAI SALAK KECAMATAN TAMPULING KAB. INDRAGIRI HILIR

Zuriyah Latief, (2011) PARTISIPASI WARGA SEKOLAH DALAM IMPLEMENTASI MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI MTs PONDOK PESANTREN DARUSSALAM SUNGAI SALAK KECAMATAN TAMPULING KAB. INDRAGIRI HILIR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2008_201127.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul Partisipasi Warga Sekolah dalum implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di MTs Pondok Pesantren Daussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Penulis mengambil setting penelitian di MTs Pondok Pesantren Darussalam karena Madrasah ini adalah salah satu Madrasah Tsanawiyah yang sedang berupaya menerapkan MBS. Selain itu penulis memilih MTs Pondok Pesantren Darussalam sebagai lokasi penelitian ini karena MTs Pondok Pesantren Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir adalah Madrasah tertua di Kecamatan Tempuling, jumlah siswanya terns mengalami peningkatan dari tahun ke tahun dun penulis merasa sanggup untuk melakukan penelitian ini baik dari segi waktu maupun finansial. Adapun fokus permasalahan yang penulis angkat di dalam penelitian ini adalah sejauh mana pemahaman warga sekolah terhadap MBS dan usaha apa yang dilalukan MTs Pondok Pesantren Darussalam untuk meningkatkan pemahaman dan partisipasi warga sekolah terhadap implementasi MBS. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat lebih mendalam tentang partisipasi warga sekolah dalam implementasi manajemen berbasis sekolah di MTs Pondok Pesantren Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling Kabupaten Indragiri Hilir. Penelitian ini diawali dengan melihat pemahaman warga sekolah terhadap konsepkonsep dasar MBS. Selanjutnya penulis mencermati sosialisasi yang dilakukan oleh pihak sekolah terhadap implementasi MBS kemudian penulis mengamati bagaimana transparansi dan patisipasi warga sekolah dalam implementasi MBS. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualltatif yang merupakan studi lapangan dengan jenis data primer dan sekunder. Sedangkan sumber datanya berasal dari manusia, dokumen, dan peristiwa penting yang berhubungan dengan subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang penulis lakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan analisis data mengalir. Agar mencapai keabsahan terhadap objek yang diteliti perlu diuji data menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekanan pengamatan, triangulasi dan pengecekan sejawat. Hasil penelitian yang penulis temukan di lapangan menunjukkan (1) pemahaman warga sekolah tehadap konsep MBS rendah, hal ini disebabkan kurangnya sosialisasi baik dari pemerintah maupun dari pihak sekolah, belura add penditian secara khusus dan ketidaktahuan rnereka terhadap manfaat NIBS. (2) Sosialisasi pihak sekolah masih rendah, hal ini disebabkan oleh kesenjangan infoimasi, kebingungan akan tugas baru, kurangnya sumber daya pendidikan dan sulitnya koordinasi. (3) Transparansi dan akuntabilitas warga sekolah belum memuaskan, pihak sekolah tampak beium bersedia menerima atau menampung aspirasi dari warga sekolah. (4) Tingkat partisipasi warga sekolah dalam implementasi NIBS belum maksimal, tanipaknva partisipasi belum dibungkus dengan semangat interaktif yang intensif baik dalam lingkungan sekolah maupun di luar lingkungan sekolah. Sementara u.saha-usaha yang dilakukan MTs Pondok Pesantren Darussalam dalam meningkatkan pemahaman warga sekolah terhadap implementasi MBS adalah dengan melakukan koordinasi, komunikasi dan supervise. Diharapkan kepada masyarakat agar dapat berperan aktif dalam memajukan dan meningkatkan hualitas sekolah bukan saja dalam hal pendanaan yang selama ide dirasakan namun diharapkan peran aktifnya dalam proses pendidikan dan membuat kebijakan. Kepada pihak sekolah (kepala sekolah beserta pembantu–pembantunya) harus memanfaatkan dan meningkatkan kewenangan, kekuasaan dan keluasLn sehingga perencanaan program dapat berjalail maksimal menuju Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) sebagaimana yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Program Pascasarjana > S2
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:45
Last Modified: 15 Jan 2016 07:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1077

Actions (login required)

View Item View Item