ANALISIS PERANAN INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN DALAM KEPUTUSAN PEMBERIAN PINJAMAN DANA PROGRAM KEMITRAAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU

Siti Barokah, (2010) ANALISIS PERANAN INFORMASI AKUNTANSI SEBAGAI BAHAN PERTIMBANGAN DALAM KEPUTUSAN PEMBERIAN PINJAMAN DANA PROGRAM KEMITRAAN PADA PT. PERKEBUNAN NUSANTARA V PEKANBARU. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201077AKT.pdf

Download (465kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Perkebunan Nuantara V Pekanbaru yang berlokasi di jalan Rambutan No. 43 Pekanbaru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauhmana peranan informasi akuntansi yang digunakan untuk mempertimbangkan pemberian pinjaman dana Program Kemitraan PT Perkebunan Nusantara V Pekanbaru dan untuk mengetahui sejauhmana .pererapan aturan-aturan pemberian pinjaman bagi calon mitra binaanPT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru. Dalam melakukan penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis dan sumber data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder yang diperoleh melalui pengumpulan data yang langsung diperoleh dari PT. Perkebunan Nusantara V Pekanbaru, dan melakukan wawancara kepada para karyawan bagian PKBL serta melakukan pengamatan terhadap objek penelitian dan lain-lain. Informasi akuntansi yang digunakan oleh pihak PKBL sebagai bahan pertimbangan dalam pemberian pinjaman adalah informasi akuntansi mengenai kondisi keuangan. Sedangkan informasi akuntansi dalam penilaian prinsip 5C kepada calon mitra binaan berguna untuk mengetahui kelayakan pemberian pinjaman bagi calon mitra binaan. Berdasarkan hasil penelitian, terdapat kelemahan dalam keputusan pemberian pinjaman dimana informasi akuntansi dari calon mitra binaan masih dalambentuk sederhana dan disajikan hanya dalam bentuk sederhana yang menggambarkan kondisi keuangan para calon mitra binaan pada saat sekarang ini dan dianalisis dengan ketetapan yang telah ditentukan oleh pihak PKBL. Selain itu, pelu penegasan yang kuat pada aturan-aturan pemberian kredit yang menyebabkan terjadinya pembayaran pinjaman yang macet dan dapat memperlambat kinerja pihak PKBL dalam menyalurkan dananya untuk memberikan pinjaman dana lagi pada masyarakat, terutama untuk para pengusaha kecil kecil dan menengah serta koperasi. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa peranan informasi akuntansisebagai bahan pertimbangan dalam keputusan pemberian pinjaman telah berperan cukup baik. Akan tetapi, dalam pemberian pinjaman perlu dilakukan peningkatan dalam pengawasan kepada mitra binaannya dan dibutuhkan pengendalian intern agar dapat mencegah masalah-masalah yang akan terjadi.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi D3
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 25 Aug 2017 02:19
Last Modified: 25 Aug 2017 02:19
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10758

Actions (login required)

View Item View Item