PANDANGAN JAKIM TERHADAP PENGGUNAAN NAMA ALLAH OLEH GEREJA KATOLIK DI MALAYSIA

Mohd Farizul B. Abu Khari, (2010) PANDANGAN JAKIM TERHADAP PENGGUNAAN NAMA ALLAH OLEH GEREJA KATOLIK DI MALAYSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201026PAG.pdf

Download (369kB) | Preview

Abstract

Penlitian ini berjudul “PANDANGAN JAKIM TERHADAP PENGGUNAAN KALIMAT ALLAH OLEH GEREJA KATOLIK DI MALAYSIA”. Mengkaji tentang ststus penggunaannya terhadap gereja dalam usaha gereja untu menjadikan nama Allah sebagai satu nama untuk digunapakai dalam urusan harian gereja umat Kristen. Isu tuntutan penggunaan kalimah Allah oleh penganut Kristen di Malaysia seharusnya ditangani dengan bijak. Perbincangan ilmiah dengan memahami maksud tersurat dan tersirat terhadap tuntutan ini harus diselami oleh semua pihak. Kalimah Allah merupakan kalimah suci yang melambangkan Islam itu sendiri. Penelitian ini adalah penilitian lapangan yang berlokasi di Kuala Lumpur,Malaysia. Lebih khusus lagi penelitian ini dilakukan di JAKIM. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah kasus penggunaan nama Allah manakala subjek penelitian adalah JAKIM sendiri. Teknik pengumpulan dataadalah dengan wawancara, observasi, dan dengan analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan yang penulis peroleh, bahawa JAKIM dalam menangani kasus ini adalah baik tetapi belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari kronologi kasus dan keputusan serta kebijakan-kebijakan yang dilakukan JAKIM dalam menyelesaikan hambatan yang dihadapi. Walaupun masih ada kekurangan- kekurangan yang perlu ditingkatkan demi kesempurnaan dan kebijakan JAKIM untuk masa-masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 17:34
Last Modified: 24 Aug 2017 17:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10728

Actions (login required)

View Item View Item