WANITA DALAM AGAMA KRISTEN PROTESTAN ( STUDI ANALISIS TENTANG KEDUDUKAN DAN PERAN WANITA )

Mohd Najmi Bin Md Mukhtar, (2010) WANITA DALAM AGAMA KRISTEN PROTESTAN ( STUDI ANALISIS TENTANG KEDUDUKAN DAN PERAN WANITA ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201022PAG.pdf

Download (284kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam skripsi ini adalah, mengenai kedudukan dan peran wanita didalam Agama Kristen Protestan dalam keluarga, masyarakat, dan agama serta lebih dahulu melihat bagaimana sikap Protestan terhadap wanita. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang merujuk pada buku-buku yang memang khusus membahaskan permasalahan ini sebagai data primer sementara data sekunder diambil dari buku-buku yang ditulis oleh tokoh-tokoh yang ahli tentang wanita seperti dalam buku-buku, ensiklopedia, artikel dan majalah-majalah. Dalam menganalisis data yang diperoleh dan diolah, penulis menggunakan diskriptif analitik, yakni teknik ini dilakukan dengan mendiskripsikan data secara obyektif mengenai kedudukan dan peran wanita di dalam agama Kristen Protestan kemudian menganalisisnya secara kritis sesuai dengan data tersebut. Hasil penelaahan ini menunjukkan, bahwa agama Kristen Protestan dalam menempatkan kedudukan dan peran wanita adalah pada posisi mitra sejajar, yakni wanita bebas melakukan kegiatan apa saja seperti bidang pendidikan, ekonomi, politik dan keagamaan. Pandangan yang ditawarkannya dalam bidang keagamaan ialah wanita dapat menjadi pelayanan Pastoral bertujuan "memimpin tiap-tiap orang kepada kesempurnaan dalam Kristus". Kebanyakan wanita Kristen Protestan terlibat dalam pelayanan diakonia, untuk menyantuni para yatim piatu, fakir miskin, panti- panti jompo, orang-orang sakit dan yang di penjara dan kepedulian terhadap lingkungan hidup di pinggiran kota sampai ke pedesaan. Diyakini oleh gereja bahwa Almasih juga hadir di dalam diri kaum dhuafa , sehingga melayani mereka berarti sama dengan melayani Almasih. Hal ini memperlihatkan kepada dunia bahwa Kristen Protestan sebagai pembawa doktrin telah tampil dan mengubah kedudukan wanita Prostestan menjadi lebih bebas dalam melakukan sesuatu dan tidak membeda-bedakan kedudukan wanita dengan laki-laki. Ajaran ini juga telah membuat revolusi besar tentang kedudukan dan peran kaum wanita jika melihat kedudukan wanita semasa kekuasaan Kristen Katolik Roma yang telah banyak menindas dan merendahkan martabat kaum wanita. Wanita Protestan merupakan pilar penting dalam setiap dimensi kehidupan. Dalam keluarga wanita sebagai ibu dan pembantu bagi suami dan anak-anaknya. Di dalam kehidupan masyarakat wanita sebagai penyeimbang dan sekaligus control bagi tindakan-tindakan yang mengedepankan emosi dan kekuatan fisik. Karena wanita senantiasa bertindak dengan rasa cinta dan kasih. Meskipun masih banyak orang menyepelekan bahkan cenderung mengingkari kemampuan yang dimiliki oleh kaum wanita.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 17:16
Last Modified: 24 Aug 2017 17:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10724

Actions (login required)

View Item View Item