STUDY PERBANDINGAN TRINITAS KRISTEN KATOLIK DAN PROTESTAN

Mohd Nasroll Bin A.Rahman, (2010) STUDY PERBANDINGAN TRINITAS KRISTEN KATOLIK DAN PROTESTAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201021PAG.pdf

Download (331kB) | Preview

Abstract

Skripsi yang penulis angkat dengan judul “ study perbandingan trinitas kristen katolik dan protestan”, merupakan penelitian kepustakaan (library research) yang dilatar belakangi oleh satu pemahaman bahwa didalam agama kristen ini terdapat fahaman yang berbeda dengan kefahaman agama lain yang mana ketuhanan mereka berpaksikan kepada trinitas atau tritunggal. Di dalam agama kristen, pemahaman mengenai Ajaran Trinitas atau Tritunggal (Bapa, Anak dan Roh Kudus) mengundang polemik yang panjang dalam sejarah gereja. Ajaran ini mulai berpengaruh sejak abad IV sebagai tanggapan atas ajaran mengenai Kristus (Kristologi). Perdebatan yang dimaksud adalah tentang keilahian dan keberadaan Kristus sebelum segala sesuatu ada serta kedudukan dan peranan Roh Kudus. Di dalam kristen katolik ini , mereka memahami trinitasnya dengan pemahaman secara biologis, dimana Allah bapak, putra dan roh kudus, pada hakikatnya satu tapi memiliki tiga pengata diri, merupakan satu kesatuan wujud tunggal. Yesus Kristus pada dasarnya adalah Allah bapak yang menjelma dalam wujud manusia, untuk membebaskan dosa umat manusia dan sebagai tuhan. Melalui santapan suci (sakramen ekaristi) terjadilah inkarnasi ketuhanan, dimana roti dan anggur sebagai wujud perjamuan dianggap sebagai manifestasi dari tubuh (daging dan darah Yesus. Sehingga dengan demikian, umat manuasia yang percaya berarti telah bersatu dengan tuhan. Manakala di dalam kristen protestan, mereka memahami trinitasnya dengan pemahaman secara idealis. Dimana bapak, putra, dan ruh kudus sesungguhnya merupakan tiga diri yang terpisah, tetapi mepunyai misi yang tunggal, yakni dalam kesatuan dalam tugas ketuhanan. Idealisme Protestan ini juga menolak bentuk inkarnasi secara biologis, dalam sakramen ekaristi, karena perjamuan suci dengan makan roti dan anggur, harus diartikan sebagai lambang formalitas belaka dari tubus dan darah Yesus. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode penelitian analisa komperatif, yaitu memberikan analisa sekaligus memperbandingkan antara keduanya. Kerana penelitian ini library research, maka penulis merujuk pada kitab suci agama kristen(alkitab) sebagai data primer. Sementara data skunder diambil dari buku-buku dan sumber dari internet yang ada kaitan dengan obyek penelitian ini. Dalam menganalisa data yang telah diperoleh dan diolah dari hasil bacaan, maka penulis menggunakan metode komperatif analitis, yaitu membandingkan antara konsep teologi kristen katolik dan protestan. Dari penjelasan singkat tersebut, penulis dapat menarik satu kesimpulan bahwa menurut kenyataan teoretis untuk kedua ajaran ini berhubungan dengan tritunggal ini adalah sama tetapi menurut interpretasi, ketuhanan trinitas atau tritunggal ini mengandung perbedaan yang menyolok diantara Katolik disatu pihak dan prtestan disatu pihak reformasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 17:12
Last Modified: 24 Aug 2017 17:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10723

Actions (login required)

View Item View Item