KETUHANAN DALAM AGAMA HINDU DAN AGAMA BUDDHA (STUDY KOMPERATIF)

Al Asmaa' Bt Dollah Abdull Aziz, (2010) KETUHANAN DALAM AGAMA HINDU DAN AGAMA BUDDHA (STUDY KOMPERATIF). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201019PAG.pdf

Download (430kB) | Preview

Abstract

Sesungguhnya, setiap agama yang ada dan berkembang di muka bumi ini, bertitik tolak dari kepercayaan kepada Tuhan yang Maha Kuasa. Tuhanlah yang mengatur semua ini, Tuhan pula sebagai penyebab pertama segala yang ada. Hal ini diakui dalam setiap agama termasuk agama Hindu dan agama Buddha. Maka Skripsi yang telah penulis teliti adalah yang berjudul “KETUHANAN DALAM AGAMA HINDU DAN AGAMA BUDDHA (STUDY KOMPERATIF)”. Kitab suci Hindu demikian lancar dalam melukiskan sifat-sifat Tuhan. Tuhan dalam Agama Hindu disebut sebagai Brahman dan Sang Hyang Widhi. Selain itu, Pada dasarnya, ketuhanan dalam Agama Hindu adalah kepada Tuhan Yang Esa, tetapi sistem ketuhanannya terkoordinasi dalam konsep ketuhanan Trimurti. Trimurti ini terbahagi kepada tiga (sifat) yaitu Brahman, Wisnu, dan Siwa. Dewa-dewa di lukiskan dalam bentuk konkrit untuk tujuan penyembahan. Adapun Agama Buddha (Mahayana) umatnya berkeyakinan terhadap Tuhan yang Maha Esa dan meyebutkan Tuhan Yang Maha Esa dengan sebutan yang berbeda-beda antaranya Sang Hyang Adi, Parama Buddha, Hyang Tathagata dan lainnya tetapi hakikatnya adalah satu dan sama. Seperti halnya dalam Agama Hindu, Agama Buddha aliran Mahayana ini juga berkeyakinan terhadap tiga perwujudan yaitu Trikaya. Trikaya terbahagi kepada Dharmakaya (Zat Tunggal), Samboghakaya (Welas Asih), dan Nirmanakaya (Percobaan Ajaib). Doktrin zat- zat samawi pada mulanya difahami dalam bentuk abstrak namun lambat laun dipersonafikasikan dalam bentuk konkrit bagi keperluan pemujaan. Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kepustakaan (Library Research) dimana penulis mencari literatur-literatur yang ada hubungan dan kaitannya dengan kajian ini. Mekanisme penyajian yang digunakan adalah sumber data Primer yaitu bersumberkan Kitab Hindu Bhagawad Gita (Pancama Veda) dan Kena Upanisad (Kenopanisad) serta Kitab Buddha Udana (Ungkapan Nurani Para Arya). Disamping itu, sumber data sekunder pula adalah literature dari buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian. Temuan penelitian ini adalah bahwa Agama Hindu dan Agama Buddha mempunyai konsep kepercayaan kepada tuhan. Malah, mempunyai keyakinan terhadap tiga perwujudan yaitu Trimurti dan Trikaya. Selain itu, umat kedua agama ini menggunakan patung-patung yang berbentuk konkrit bagi keperluan pemujaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 17:05
Last Modified: 24 Aug 2017 17:05
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10721

Actions (login required)

View Item View Item