Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

PERANAN PERTUBUHAN KEBAJIKAN ISLAM MALAYSIA (PERKIM) DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MUALAF DI MALAYSIA

Zakaria Bin Noh (2010) PERANAN PERTUBUHAN KEBAJIKAN ISLAM MALAYSIA (PERKIM) DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MUALAF DI MALAYSIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201009PAG.pdf

Download (336kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “PERANAN PERTUBUHAN KEBAJIKAN ISLAM MALAYSIA (PERKIM) DALAM PEMBINAAN KEAGAMAAN MUALAF DI MALAYSIA”. Mengkaji peranan PERKIM dalam pembinaan keagamaan dalam usaha untuk merealisasikan ajaran Islam di dalam kenyataan hidup sehari-hari baik bagi kehidupan seseorang, maupun kehidupan masyarakat sebagai keseluruhan tata hidup bersama, dalam rangka pembangunan bangsa dan umat manusia untuk memperoleh keridhaan Allah SWT. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan Pertubuhan Kebajikan Islam Malaysia (PERKIM) dalam pembinaan keagamaan mualaf dan faktor yang menjadi hambatan terhadap pembinaan keagamaan mualaf di Malaysia. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Kuala Lumpur, Malaysia. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah peranan PERKIM. Sedangkan yang menjadi subjeknya adalah pembinaan keagamaan. Sebagai informan dalam penelitian ini adalah pegawai dakwah PERKIM dan mualaf. Teknik pengumpulan data adalah dengan angket, wawancara, observasi dan dokumentasi, dengan analisa data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun kesimpulan yang penulis peroleh, bahwa peranan PERKIM dalam pembinaan keagamaan mualaf di Malaysia adalah baik tetapi belum maksimal. Hal ini dapat dilihat dari aktivitas dan program yang dilaksanakan serta kebijakan-kebijakan yang dilakukannya dalam menyelesaikan hambatan yang dihadapi. Walaupun masih ada kekurangan-kekurangan yang perlu ditingkatkan demi kesempurnaan peranan PERKIM untuk masa-masa mendatang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.28 Hubungan Islam dan Agama Lainnya
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Perbandingan Agama
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 10:03
Last Modified: 24 Aug 2017 10:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10718

Actions (login required)

View Item View Item