REALISASI KREDIT KOMERSIL KARYA PRIMA PADA PT. BANK RIAU CABANG BANGKINANG

Sri Fatmaliza, (2010) REALISASI KREDIT KOMERSIL KARYA PRIMA PADA PT. BANK RIAU CABANG BANGKINANG. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201007PS.pdf

Download (204kB) | Preview

Abstract

Laporan akhir ini berjudul “ Realisasi Kredit Komersil Karya Prima Pada PT. Bank Riau Cabang Bangkinang “. Adapun masalah yang diteliti dalam penelitian ini adalah Bagaimana perencanaan jumlah kredit dengan penentuan suku bunga pada PT. Bank Riau cabang Bangkinang. Bagaimana prosedur pemberian kredit Komersil Karya Prima pada PT. Bank Riau cabang Bangkinang. Bagaimana pemberian kredit Komersil Karya Prima menurut tinjauan hukum Islam. Penelitian ini dalah penelitian lapangan yang dilakukan pada PT. Bank Riau Cabang Bangkinang. Sumber data yang penulis gunakan adalah sumber data primer, yaitu data yang diperoleh dari pihak PT. Bank Riau cabang Bangkinang. Dan sumber data sekunder, yaitu data-data yang diperoleh dari buku-buku yang berhubungan dengan pembahasan penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui perencanaan jumlah kredit dengan penentuan suku bunga pada PT. Bank Riau cabang Bangkinang. Untuk mengetahui prosedur pemberian kredit Komersil Karya Prima pada PT. Bank Riau cabang Bangkinang. Dan Untuk mengetahui pemberian kredit Komersil Karya Prima menurut tinjauan hukum Islam. Adapun metode pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumen. Setelah penelitian ini dilakukan dan dianalisa dapat diketahiu kredit Komersil Karya Prima ini adalah pembiayaan yang diberikan untuk membantu rekanan dalam mendapatkan tambahan modal kerja dalam rangka pelaksanaan proyek berdasarkan kontrak kerja dari instansi pemerintah atau instansi lainnya. Yang mana, kredit ini diperuntukkan untuk membiayai pembangunan gedung / bangunan, pembangunan jembatan, pengadaan barang, dan pekerjaan fasilitas umum lainnya. Pada tahun 2009, PT. Bank Riau Cabang Bangkinang mengangarkan jumlah kredit sebesar 14 M dengan suku bunga 15 %. Anggaran ini lebih besar dari pada Tahun 2008, melihat proyek semakin banyak dijalankan dan suku bunga sudah meningkat. Namun, bila ditinjau dari hukum Islam, pelaksanaan kredit Komersil Karya Prima mengandung unsur riba. Karena dalam transaksi pelaksanaan pelaksanaan kredit Komersil Karya Prima ini, peminjam ( Bank ) mengambil tambahan dalam bentuk bunga tanpa adanya suatu penyeimbang yang diterima sipeminjam kecuali kesempatan dan faktor waktu yang berjalan selama proses peminjaman tersebut.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:50
Last Modified: 24 Aug 2017 08:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10706

Actions (login required)

View Item View Item