Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM PEMBIAYAAN BAI’ AL-ISTISHNA PADA BANK SYARI’AH MANDIRI PADANG SIDEMPUAN

Aswar Husein (2010) SISTEM PEMBIAYAAN BAI’ AL-ISTISHNA PADA BANK SYARI’AH MANDIRI PADANG SIDEMPUAN. Laporan thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201001PS.pdf

Download (326kB) | Preview

Abstract

Laporan Akhir ini berjudul Sistem Pembiayaan Bai’ Al-Istishna’ Pada Bank Syariah Mandiri Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan pada PT. Bank Syari’ah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Adapun alasan mengapa tempat ini yang dijadikan lokasi penelitian karena di Bank Syari’ah Mandiri ini menetapkan prosedur pembiayaan atas setiap nasabah yang menginginkan pembiayaan, seperti pembiayaan bai’ al Istishna’. Adapun permasalahan tersebut adalah masalah pengakuan margin keuntungan, terbatasnya Sumber Daya Insani (SDI), dan kurangnya proses sosialisasi pada Bank Syari’ah Mandiri Padangsidimpuan. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aplikasi bai’ al Istishna’ pada Bank Syari’ah Mandiri Padangsidimpuan, untuk mengetehui faktor-faktor yang mempengaruhi penerapan bai’ al Istishna’ pada Bank Syari’ah Mandiri Padangsidimpuan. Metodologi penelitian ini bersifat penelitian langsung ke lapangan, melakukan observasi langsung di lapangan, serta melakukan interview langsung kepada pihak pihak yang berwewenang dan mempunyai hubungan dengan data-data yang dibutuhkan. Oleh karena itu hasil dari temuan penelitian ini bahwa pada penerapannya tidak sesuai dengan yang semestinya karena menurut teori pencairan dana diserahkan langsung kepada nasabah, sementara dalam praktiknya pada Bank Syari’ah Mandiri Padangsidimpuan pencairan diserahkan langsung kepada pemasok/kontraktor. Kemudian sangat minim sekali karyawan dan karyawati Bank Syari’ah Mandiri yang benar-benar tamatan dari perbankan syari’ah, sehingga kurang memahami tentang perbankan syari’ah itu sendiri.

Item Type: Thesis (Laporan)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.2 Teologi Islam, Aqaid dan Ilmu Kalam > 297.273 Islam dan Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:44
Last Modified: 24 Aug 2017 08:44
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10701

Actions (login required)

View Item View Item