ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI MODAL KERJA RAMBAH SAMO SIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI MODAL KERJA PADA PT. SAWIT ASAHAN INDAH SIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI PT. SAWIT ASAHAN INDAH RAMBAH SAMO-ROKAN HULU

Roin Bandiyah, (2010) ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI MODAL KERJA RAMBAH SAMO SIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI MODAL KERJA PADA PT. SAWIT ASAHAN INDAH SIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENILAI EFISIENSI PT. SAWIT ASAHAN INDAH RAMBAH SAMO-ROKAN HULU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010107AKN.pdf

Download (341kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di PT. Sawit Asahan Indah Desa Surau Gading kecamatan Rambah Samo kabupaten Rokan Hulu. Dilaksanakan pada bulan januari 2009. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perputaran modal kerja PT. Sawit Asahan Indah, untuk mengetahui perkembangan tingkat efisiensi penggunaan modal kerja pada PT. Sawit Asahan Indah, untuk membantu perusahaan dalam menentukan kebijaksanaan atau prosedur yang baru untuk mencapai hasil yang lebih baik. Analisis data secara deskriptif yaitu membandingkan antara praktek dengan teori yang relevan kemudian ditarik kesimpulan dan disajikan dalam laporan penelitian ini. Jenis data yang digunakan penulis adalah data skunder yaitu berupa laporan keuangan PT. Sawit Asahan Indah yaitu laporan neraca periode 2004 – 2008 dan laporan laba rugi periode 2004 – 2008, dan data skunder lain yaitu berupa sejarah perusahaan dan struktur organisasi perusahaan. Dalam melakukan analisa efisiensi modal kerja perusahaan digunakan analisis rasio keuangan berupa rasio likuiditas, rasio aktivitas, rasio profitabilitas. Penelitian ini menyimpulkan analisis rasio likuiditas PT. Sawit Asahan Indah selama kurun waktu lima tahun berada diatas standar industri, sehingga dari tahun ketahun perusahaan mengalami kelebihan dana. Keadaan perusahaan seperti ini menyebabkan perusahaan belum efisiens dalam penggunaan modal kerjanya. Analisis rasio aktivitas perusahaan dari tahun 2004-2008 menunjukkan bahwa perputaran persediaan sudah berada diatas rasio industri, untuk perputaran piutang, perputaran aktiva tetap dan perputaran aktiva masih berada dibawah rasio industri. Hal ini menunjukkan bahwa perusahaan kurang mampu meningkatkan kemampuan perputaran modal perusahaan. Analisis rasio Profitabilitas menunjukkan bahwa perusahaan mengalami tingkat nilai yang juga masih dibawah rasio industri, hal ini lebih disebabkan adanya dana yang menganggur dan tidak didayagunakan secara efektif sehingga kemampuan perusahaan dalam menghasilkan laba menurun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:38
Last Modified: 24 Aug 2017 08:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10696

Actions (login required)

View Item View Item