ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)

Eni Rita Sendari, (2010) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG BERPENGARUH TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA (INCOME SMOOTHING) PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010106AKN.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang berpengaruh terhadap praktik perataan laba (Income Smoothing) pada perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor-faktor yang diuji adalah ukuran perusahaan, Return On Investment (ROI), Net Pofit Margin, Financial Leverage, dan kelompok usaha. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan yang listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) dengan kategori perusahaan Real Estate and Property dan perusahaan perbankan dengan menggunakan metode purposive judgement sampling diperoleh sampel sebanyak 30 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Data diolah dengan menggunakan SPSS versi 16 dengan teknik pengujian hipotesis menggunakan pengujian univariate dan multivariate yaitu dengan analisis regression logistic. Hasil penelitian membuktikan bahwa perusahaan-perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) melakukan praktik perataan laba. Sedangkan pengujian hipotesis membuktikan bahwa ukuran perusahaan, Financial Leverage, kelompok usaha tidak berpengaruh terhadap praktik perataan laba dan yang berpengaruh secara signifkan terhadap praktik perataan laba adalah Return On Investment dan Net Profit Margin sedangkan pengujian secara simultan tidak membuktikan bahwa ukuran perusahaan, Return On Investment, Net Profit Margin Financial Leverage, kelompok usaha berpengaruh terhadap praktik perataan laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:37
Last Modified: 24 Aug 2017 08:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10695

Actions (login required)

View Item View Item