PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TERHADAP FAKTOR – FAKTOR PEMICU KECURANGAN (STUDI EMPIRIS PEKANBARU)

Novi Sartika, (2010) PERSEPSI MAHASISWA AKUNTANSI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU TERHADAP FAKTOR – FAKTOR PEMICU KECURANGAN (STUDI EMPIRIS PEKANBARU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201098AKN.pdf

Download (738kB) | Preview

Abstract

Dengan informasi yang sama akan menghasilkan persepsi atau pandangan yang berbeda atau sama setiap individu melalui kemampuannya menyerap dan menilai informasi tersebut sehingga menimbulkan reaksi dan dapat menyimpulkannya. Dengan itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat persepsi mahasiswa dan mahasiswi tentang faktor – faktor pemicu kecurangan. Untuk mengujinya secara statistik penulis menggunakan SPSS versi 13 dengan alat uji independent t test. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis, kuesioner akan di uji terlebih dahulu validitas dan reliabilitasnya. Dan setelah kuesioner tersebut lolos validitas dan reliabilitasnya maka di uji kenormalan data dengan menggunakan uji kolmogorov smirnov. Setelah berhasil melalui seluruh pengujian data maka barulah menguji hipotesi penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel hipotesis yang diajukan dua diterima secara statitik dan dua lagi di tolak secara statistik, hal ini menunjukkan bahwa dua variabel yaitu variabel pressure dan fraud dengan nilai signifikan masing - masing adalah 0,118 dan 0,136 nilai ini > 0,05 yang menunjukan bahwa Ha 1 dan Ha ditolak hal ini menunjukan tidak terdapat perbedaan persepsi mahasiswa dan mahasisiwi UIN SUSKA terhadap faktorfaktor pemicu kecurangan. 2 Sebaliknya dua variabel lain yaitu variabel rasionalization dan oppurtunitty dengan nilai signifikan masing - masing adalah 0,030 dan 0,031 nilai ini < 0,05 yang menunjukan bahwa Ha 3 dan Ha diterima hal ini menunjukan terdapat perbedaan persepsi mahasiswa dan mahasisiwi UIN SUSKA terhadap faktor-faktor pemicu kecurangan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 24 Aug 2017 08:34
Last Modified: 24 Aug 2017 08:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10693

Actions (login required)

View Item View Item