KONTRIBUSI ZAKAT DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-BADAR BANGKINANG

Hardialis, (2010) KONTRIBUSI ZAKAT DALAM MENUNJANG PENDIDIKAN DI MADRASAH ALIYAH PONDOK PESANTREN AL-BADAR BANGKINANG. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201007PAI.pdf

Download (372kB) | Preview

Abstract

Zakat untuk pembiayaan pendidikan bukanlah sebuah paradigma baru dalam dunia pendidikan terutama pendidikan Islam. Hal ini bisa kita baca dari sejarah umat Islam yang berada pada masa kejayaanya, dimana pendidikan betulbetul diperhatikan. Sehubungan dengan kontribusi zakat terhadap pendidikan maka dapat kita lihat dari pengalokasian zakat dalam berbagai bidang pendidikan, misalnya untuk para siswa atau santri yang juga termasuk kedalam asnaf yang delapan yaitu dengan memberikan bantuan seperti SPP dan buku-buku pelajaran mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kontribusi zakat dalam menunjang pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Bangkinang. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai Lembaga Amil Zakat (LAZ), BMT Al-Badar, guru, siswa dan wali murid. Sedangkan objeknya adalah Kontribusi Zakat dalam Menunjang Pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Bangkinang. Sedangkan tekhnik pengumpulan datanya adalah wawancara, angket dan dokumentasi. kemudian data yang terkumpul akan di analisa dengan teknik desktiftif kualitatif dengan persentase. Setelah penulis melakukan penelitian, penulis mendapaktan kesimpulan bahwa Kontribusi Zakat dalam Menunjang Pendidikan di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Al-Badar Bangkinang tergolong baik, dengan persentase 72,2%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 24 Aug 2017 05:09
Last Modified: 24 Aug 2017 05:09
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10675

Actions (login required)

View Item View Item