PERANAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA SIAK PEKANBARU DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA

Pajar, (2011) PERANAN HUBUNGAN MASYARAKAT (HUMAS) PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) TIRTA SIAK PEKANBARU DALAM MENJALIN HUBUNGAN DENGAN MEDIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201130.pdf

Download (337kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena munculnya isu kurang efektifnya komunikasi yang disampaikan dari pihak PDAM Tirta Siak Pekanbaru ke pelanggan. Tentu saja ini sangat berpengaruh pada citra perusahaan dan kinerja dari divisi hubungan masyarakat (Humas). Untuk itu dibutuhkan peranan humas PDAM Tirta Siak dalam menjalin hubungan dengan media. Dari latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peranan hubungan masyarakat (Humas) Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Siak Pekanbaru dalam menjalin hubungan dengan media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peranan humas PDAM Tirta Siak dalam menjalin hubungan dengan media. Subjek penelitian ini adalah karyawan, terutama Kepala Bagian Humas dan Kepala Bagian Pelayanan di PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah peran humas PDAM Tirta Siak dalam menjalin hubungan dengan media. Jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Data primer diperoleh dengan teknik wawancara dengan responden sebagai sumber data, yaitu Kepala Bagian Humas dan Kepala Bagian Pelayanan di PDAM Tirta Siak Pekanbaru. Sedangkan data sekunder diperoleh dengan teknik pengamatan dan dokumentasi (misalnya data profil PDAM dan Rancangan Pembentukan Divisi Humas PDAM Tirta Siak Pekanbaru). Menggunkan metode Kualitatif Deskriptif kedua jenis data ini dijelaskan dan digambarkan dengan kalimat kemudian dianalisa dan mengkaitkannya dengan kerangka teori yang relevan tanpa melakukan uji matematis atau statistik, kemudian dibuat kesimpulan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah Peranan Humas PDAM Tirta Siak dalam Menjalin Hubungan dengan Media digolongkan “berhasil”. Hal ini ditunjukkan dari 18 pertanyaan yang diajukan kepada Kabag Humas Pelanggan dan Kabag Pelayanan, menjelaskan Peranan Humas PDAM Tirta Siak dalam Menjalin Hubungan dengan Media sesuai dengan visi, misi, dan tujuan PDAM Tirta Siak, dan juga sesuai dengan fungsi humas yang ditetapkan dalam Rancangan Pembentukan Divisi Humas PDAM Tirta Siak Pekanbaru, serta sesuai dengan fungsi humas dalam pendekatan teoritis yang penulis gunakan, yaitu dengan hubungan humas dengan media dapat penyampaian pesan atau informasi dari PDAM kepada pelanggan, dan hubungan tersebut dapat meningkatkan kinerja PDAM dalam memberi pelayanan kepada pelanggan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jan 2016 07:14
Last Modified: 15 Jan 2016 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1066

Actions (login required)

View Item View Item