ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BIAYA PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE COST AND SCHEDULE CONTROL SYSTEM CRITERIA (C/S-CSC)

Cheilia Mirona, (2010) ANALISA DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PENGELOLAAN BIAYA PROYEK KONSTRUKSI MENGGUNAKAN METODE COST AND SCHEDULE CONTROL SYSTEM CRITERIA (C/S-CSC). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201078SIF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen Proyek adalah merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan sumber daya perusahaan untuk mencapai sasaran jangka pendek yang telah ditentukan. Pelaksanaan penelitian ini dilakukan di PT. Bumi Sumatera Mandiri. PT. Bumi Sumatera Mandiri adalah salah satu perusahaan kontraktor yang bergerak dibidang industri konstruksi. Dalam pelaksanaan proyek, PT. Bumi Sumatera Mandiri banyak mengalami kendala-kendala. Diantaranya adalah semakin banyaknya dana yang dibutuhkan dalam menyelesaikan proyek ini serta waktu yang dibutuhkan tidak sesuai dengan RAB proyek. Tujuan yang ingin dicapai pada penelitian ini adalah Menganalisa dan merancangan sistem informasi pengelolaan biaya proyek konstruksi dan membantu pencapaian keberhasilan proyek konstruksi melalui tiga tujuan utama, yaitu: biaya yang optimal, mutu yang bagus dan waktu yang tepat) sangat dipengaruhi oleh kejelian perencana proyek (project planner) dalam menjadwal pelaksanaan suatu proyek kontruksi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode cost and schedule control system (CS/CSC). Alasan menggunakan metode ini dikarenakan banyaknya faedah yang diperoleh oleh Kontraktor dari metode di atas yaitu sebagai alat pemantauan, pengendalian biaya dan jadwal internal sehingga diperoleh data dan informasi yang terpercaya dan objektif untuk bahan membuat keputusan. Metode cost and schedule control system criteria (C/S-CSC) dipilih agar pelaksana atau kontraktor dapat membuat perencanaan dasar (PA) yang memadukan biaya dan jadwal. Output yang diperoleh menggunakan metode CS/CSC adalah terbentuknya grafik kurva S yang berguna sebagai panduan dalam pengerjaan proyek dan dapat menentukan informasi data BCWS (Budgeted Cost for Work Schedule), BCWP (Budgeted Cost for Work Performance) dan ACWP (Actual Cost of Work Performance), BETC (Budget Estimate to Comlete), CPI to go, BEAC (Budget Estimate at Completion). Kata kunci: CS/CSC, Kurva S, Manajemen Proyek.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 24 Aug 2017 03:51
Last Modified: 24 Aug 2017 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10656

Actions (login required)

View Item View Item