PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN, LIKUIDITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PAPER AND ALLIED PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Fazry Purnama, (2010) PENGARUH LEVERAGE KEUANGAN, LIKUIDITAS DAN AKTIVITAS TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN PAPER AND ALLIED PRODUCT YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201062AKN.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel leverage keuangan, likuiditas dan aktivitas berpengaruh terhadap profitabilitas perusahaan paper and allied product yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2004-2008. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi yaitu pengumpulan data dengan mempelajari dokumen perusahaan untuk memperoleh data tentang leverage keuangan, likuiditas, aktivitas dan tingkat profitabilitas perusahaan yang diperoleh dari Laporan Keuangan Perusahaan, sedangkan jenis dan sumber datanya adalah data sekunder. Objek penelitian ini adalah Leverage keuangan, likuiditas, aktivitas dan profitabilitas perusahaan serta analisis data yang digunakan adalah metode Analisis Jalur dengan menggunakan Program SPSS ( Statistical Product and Service Solution ) Versi 14. Dari hasil penelitian dengan menggunakan model analisis jalur, secara simultan diperoleh pengaruh leverage keuangan, likuiditas dan aktivitas terhadap profitabilitas yaitu sebesar 16,9 %. Sedangkan secara parsial pengaruh variabel leverage keuangan terhadap profitabilitas yaitu sebesar 19,881 %, pengaruh variebel likuiditas terhadap profitabilitas yaitu sebesar 7,6176 % dan pengaruh variabel aktivitas terhadap profitabilitas yaitu sebesar 5,1529 %. Saran dari penelitian ini diharapkan bagi perusahaan harus mempraktekkan variabel leverage keuangan, likuiditas dan aktivitas dalam operasional perusahaan. Hal ini dikarenakan leverage keuangan, likuiditas dan aktivitas terbukti dapat mempengaruhi profitabilitas perusahaan. Dengan menaikkan proporsi leverage keuangan, likuiditas dan aktivitas hingga tingkat tertentu, maka ada kecendrungan peningkatan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:36
Last Modified: 23 Aug 2017 08:36
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10633

Actions (login required)

View Item View Item