FAKTOR EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT FAKTOR YANG MEMPEGARUHI EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Internal Auditor Pada Perusahaan Perdagangan (Studi Empiris Internal Auditor Pada Perusahaan Yang bergerak dibidang Perdagangan Sepeda Motor Baru Di Pekanbaru) Yang bergerak dibidang Sepeda Motor Baru Di Pekanbaru)

Tety Indra Yanti, (2010) FAKTOR EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT FAKTOR YANG MEMPEGARUHI EKSPEKTASI KLIEN DALAM AUDIT JUDGMENT (Studi Empiris Internal Auditor Pada Perusahaan Perdagangan (Studi Empiris Internal Auditor Pada Perusahaan Yang bergerak dibidang Perdagangan Sepeda Motor Baru Di Pekanbaru) Yang bergerak dibidang Sepeda Motor Baru Di Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201061AKN.pdf

Download (353kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris tentang faktor-faktor yang mempengaruhi ekspektasi klien dalam audit judgment. Terdapat tiga factor yang dijadikan sebagai variabel independen dalam penelitian ini yaitu : hubungan klien dengan KAP, tingkat senioritas, jasa nonaudit yang diberikan oleh KAP. Sedangkan yang dijadikan variabel dependen adalah ekspektasi klien dalam audit judgment. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan kuesioner. Yang menjadi populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah 41 orang akuntan yang bekerja di perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan sepeda motor baru yang ada di Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan regresi linear, hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa hanya terdapat satu variabel independen yang menyatakan pengaruh terhadap variabel dependen yaitu variabel hubungan klien dengan KAP dengan t tabel sebesar 1,683 < t hitung sebesar 2,258, dengan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,030 < 0,05 maka H diterima. Sedangkan dua variabel lainnya tidak berpengaruh terhadap ekspektasi klien dalam audit judgment yaitu, variabel tingkat senioritas dengan t tabel sebesar 1,683 > t hitung sebesar 0,504 dengan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,617 > 0,05 maka H 1 ditolak, dan variabel jasa non-audit yang diberikan oleh KAP dengan t tabel sebesar 1,683 > t hitung sebesar -0,595 dengan nilai probabilitas signifikansi sebesar 0,555 > 0,05 maka maka H ditolak. Sedangkan hasil pengujian hipotesis secara simultan variabel independen tidak berpengaruh terhadap variabel dependen dengan 3 diperoleh F hitung sebesar 2,345 sedangkan F tabel sebesar 4,079 dengan nilai signifikansi probabilitas sebesar 0,089 berada diatas 0,05 maka H 4 ditolak. Nilai koefisien determinasi menunjukkan bahwa hanya 16% variabel ekspektasi klien dalam audit judgment dipengaruhi oleh hubungan klien dengan KAP, tingkat senioritas, jasa non-audit yang diberikan oleh KAP. Angka tersebut tidak cukup kuat untuk membuktikan bahwa variabel independen berpengaruh terhadap variabel dependen karena berada jauh dibawah 50%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 08:33
Last Modified: 23 Aug 2017 08:33
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10632

Actions (login required)

View Item View Item