ANALISIS FUNGSI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN (Studi Kasus Pembangunan Fisik Desa Teluk Ketapang Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti)

M.Rais, (2010) ANALISIS FUNGSI KEPALA DESA DALAM MENINGKATKAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN (Studi Kasus Pembangunan Fisik Desa Teluk Ketapang Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010291ADN.pdf

Download (862kB) | Preview

Abstract

Menurut Veithzal Riva’i (2004 : 148). Fungsi diartikan sebagai perilaku yang diatur dan diharapkan dari sesorang dalam posisi tertentu. Selanjutnya menurut Muhammad Ali (2000 : 304) fungsi adalah suatu yang menjadi bagian yang memegang pimpinan terutama dalam terjadinya suatu hal dan atau peristiwa. Fungsi tersebut mengandung arti bahwa dengan adanya posisi tertentu maka yang lebih memiliki kepentingan dalam kehidupan sosial akan lebih besar fungsi dan tanggung jawabnya dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat yang dipimpinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Fungsi Kepala Desa dalam meningkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan, di Desa Teluk Ketapang Kecamatan Merbau Kabupaten Kepulauan Meranti. Adapun yang menjadi Populasi dan Sampel dalam penelitian ini adalah : Aparat Pemerintahan Desa serta Penduduk yang ada yaitu berjumlah 1994 jiwa dan 442 KK. Analisa data setelah data atau bahan-bahan yang diperlukan baik data primer maupun data sekunder, kemudian dikelompokan sesuai dengan keperluan dan kegunaan kemudian dianalisa secara deskriptif kualitatif dengan jalan menggambarkan menerapkan, dan menguraikan secara saksama hasil temuan-temuan penelitian secara jelas dan singkat. Penelitian ini menggunakan responden sebagai sumber informasi utama (data penelitian) yang dibutuhkan untuk menganalisis keberadaan pariabel penelitian. Data yang dikumpul dari responden penelitian melalui daftar kuestioner dipergunakan sebagai acuan utama untuk menganalisis, pariabel penelitian pada objek atau lembaga yang diteliti. Bertitik tolak dari penjelasan diatas maka penelitian ini adalah penelitian Diskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat dilihat beberapa hal penting yang dilakukan oleh Kepala desa dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Dalam hal ini kepala desa telah melakukan fungsinya semaksimal mungkin demi meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Namun didalam pelaksanaan fungsinya banyak hal yang perlu diperhatikan oleh Kepala Desa Teluk Ketapang, dalam hal ini terutama sekali yang perlu diperhatikan adalah faktor Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat itu sendiri agar lebih berkualitas didalam menghadapi perkembangan Otonomi Daerah sehingga dapat bersaing dengan dunia luar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:16
Last Modified: 23 Aug 2017 07:16
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10605

Actions (login required)

View Item View Item