APLIKASI PEMBAYARAN PAJAK HOTEL MENGGUNAKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru)

Nofri Susanto, (2010) APLIKASI PEMBAYARAN PAJAK HOTEL MENGGUNAKAN KONSEP CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201019SIF.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru adalah salah satu instansi pemerintahan yang mempunyai wewenang untuk memungut pajak daerah. Pajak Daerah tersebut diantaranya adalah pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak rumah sewa, pajak reklame, pajak parkir, pajak bumi dan bangunan yang merupakan Pendapatan Asli Daerah Kota Pekanbaru. Proses pembayaran pajak tersebut terdapat beberapa permasalahan yang dapat menimbulkan kerugian bagi wajib pajak ataupun sistem yang ada. Diantaranya terdapat beberapa prosedur dalam proses pembayaran pajak tersebut yang masih dilakukan secara manual, seperti pengisian surat pemberitahuan pajak daerah, pencarian berapa pajak terutang dan berapa pajak yang telah dibayarkan oleh wajib pajak selama membayar pajak. Petugas memerlukan waktu yang lama untuk melakukan pencarian arsip wajib pajak dan proses pembayaran pajak. Disamping itu sering terlambatnya wajib pajak dalam melakukan pembayaran pajak. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka dapat dirancang sebuah aplikasi terpadu yang menggunakan konsep dan strategi yang dapat mendukung dan mengintegrasikan hubungan antara instansi Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru dengan wajib pajak pada sebuah Aplikasi yang dikenal sebagai konsep dan strategi Customer Relationship Management (CRM). Aplikasi Pembayaran Pajak hotel yang dihasilkan nantinya adalah Aplikasi Pembayaran Pajak Hotel dengan Metode Pendekatan Customer Relationship Management (CRM) yang dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman Visual Basic 06 dengan database My SQL. Kata Kunci: Customer Relationship Management, Visual Basic 06, My SQL.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 000 Karya Umum > 003 Sistem-sistem
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 07:14
Last Modified: 23 Aug 2017 07:14
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10603

Actions (login required)

View Item View Item