Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

NILAI ADAT ISTIADAT DALAM TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT ISLAM DESA PESAGUAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN

Lasturi (2010) NILAI ADAT ISTIADAT DALAM TRADISI KEAGAMAAN MASYARAKAT ISLAM DESA PESAGUAN KECAMATAN PANGKALAN LESUNG KABUPATEN PELALAWAN. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010120PMI.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Masyarakat Desa Pesaguan merupakan Masyarakat yang mayoritas menganut Agama Islam dan memiliki Adat Istiadat dalam kehidupan, di tengah tengah kehidupan masyarakat Desa Pesaguan terlihat Adat Istiadat yang sudah turun-temurun. adat yang dipakai dalam masyarakat Islam di Desa Pesaguan kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Palalawan ini memiliki nilai cukup tinggi karena Masyarakat Islam Desa Pesaguan lebih menjaga atau menjalankan nilai-nilai agama islam,sehingga kebudayaan dan adat istiadat itu sendiri yang sedikit demi sedikit sudah terkikis dengan masuknya modernisasi ke Desa Pesaguan, sehingga nilai adat istiadat memiliki nilai cukup tinggi dalam tradisi keagamaan masyarakat islam Desa Pesaguan. Adapun tujuan yang ingin penulis capai dalam peneliti ini adalah : untuk mengetahui nilai adat istiadat dalam tradisi keagamaan masyarakat Islam desa pesaguan kecamatan pangkalan lesung kabupaten pelalawan, dan ini merupakan pokok permasalahan yang akan penulis teliti. Sementara itu permasalahan yang akan diteliti adalah bagaimana Nilai adat istiadat dalam tradisi keagamaan Masyakat Islam Desa Pesaguan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan. Penulis menetapkan seluruh masyarakat RW 0I, RT 0I dan RT II di Desa Pesaguan sebagai subjek dalam penelitian ini, dan juga penulis menetapkan Nilai adat istiadat dalam tradisi keagamaan masyarakat desa pesaguan Sebagai Objek penelitian. Dalam proses pengumpulan data peneliti ini penulis mengunakan teknik, observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, setelah data dapat dikumpulkan dan disusun secara sistematis, maka langkah selanjutnya penulis menganalisa data tersebut dan kemudian data yang telah diolah akan dipaparkan dalam bentuk kata kata sehingga teknik ini disebut dengan Deskriptif Kualitatif. Dari data yang telah penulis kumpulkan dan penulis paparkan, maka dapatlah diketahui bahwa persentase kualitatif dengan nilai 71,42 % di mana nilai tersebut berada pada kategori memilki nilai cukup tinggi dalam tradisi keagamaan masyarakat yaitu 56,75 %, dengan demikian bahwa adat istiadat bisa dikatakan masih ada di Desa Pesaguan Kecamatan Pangkalan Lesung Kabupaten Pelalawan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:55
Last Modified: 23 Aug 2017 06:55
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10590

Actions (login required)

View Item View Item