PENGARUH IKLAN RINSO CAIR DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI IBU RUMAH TANGGA RT.02 RW.06 KELURAHAN WONOREJO KECAMATAN MARPOYAN DAMAI

Alfitria, (2011) PENGARUH IKLAN RINSO CAIR DI TELEVISI TERHADAP MINAT BELI IBU RUMAH TANGGA RT.02 RW.06 KELURAHAN WONOREJO KECAMATAN MARPOYAN DAMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_201116.pdf

Download (448kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitianini adalah (1) untuk mengetahui bentuk penontonan iklan Rinso cair di televisi (2) untuk mengetahui minat beli ibu rumah tangga RT.02 RW.06 Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru terhadap produk Rinso Cair dan (3) untuk mengetahui bagaimana pengaruh iklan Rinso cair di televisi terhadap minat beli Ibu rumah tangga RT.02 RW.06 Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai Pekanbaru. Penulis menggunakan teknik analisa data secara statistik dengan metode deskriptif kuantitatif, yaitu riset yang hasil analisisnya disajikan dalam bentuk angka-angka yang kemudian dijelaskan dan diinterpretasikan dalam bentuk uraian. Penelitian ini mengacu pada teori Kultivasi, yang menyatakan bahwa televisi adalah bagian yang menyatu degan kehidupan sehari-hari. Teori kultivasi sangat menonjol dalam kajian mengenai dapak media televisi terhadap khalayak. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga yang tinggal di RT.02 RW.06 Kelurahan Wonorejo Kecamatan Marpoyan Damai yang berjumlah 150 orang. Dalam penelitian ini penulis menetapkan sampel sebesar 30 orang yang pernah menyaksikan iklan Rinso cair di televisi. Dari pengujian yang dilakukan secara statistik diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh antara iklan Rinso cair di televisi terhadap minat beli. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa (1) Iklan Rinso cair di televisi telah memberikan suatu bentuk yang berarti (2) Minat beli ibu-ibu terhadap produk Rinso cair akan muncul jika telah ada ketertarikan, kepercayaan dan kesadaran bahwa produk tersebut bermakna bagi diri mereka. Lalu mereka akan berusaha mencari informasi tambahan sebelum akhirnya memutuskan untuk membeli produk tersebut (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara iklan Rinso cair di televisi terhadap minat beli. Keeratan hubungan kedua variabel mencapai 4,8%. Sehingga Ho ditolak dan H1 diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 700 Kesenian, Hiburan dan Olahraga
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 15 Jan 2016 06:30
Last Modified: 15 Jan 2016 06:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item