Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

STRATEGI DAKWAH IKMI KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM

Raflis (2010) STRATEGI DAKWAH IKMI KOTA PEKANBARU DALAM PENGEMBANGAN MASYARAKAT ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201091PMI.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Perkembangan masyarakat yang semakin meningkat, tuntutan yang sudah semakin beragam, membuat dakwah tidak bisa lagi dilakukan secara terdisional. Dakwah sekarang sudah berkembang menjadi satu profesi yang menuntut keahlian, terencana dan strategi yang handal. Untuk itu diperlukan sekelompok orang atau lembaga yang secara terus-menerus mengkaji, meneliti dan meningkatkan aktivitas dakwah secara baik. Ikatan masjid Indonesia ( IKMI ) sebagai salah satu lembaga dakwah Indonesia, diharapkan keikutsertaanya dalam membangun umat manusia seutuhnya yang dengan syarat iman yang mantap, amal ibadah berkesenambungan dan keseimbangan dengan membangun fisik. Lembaga ini menjadi wadah untuk menghidupkan Syiar Islam di tengah-tengah kehidupan masyarakat dengan melakukan, pengkrerutan, pembinaan, terhadap mubaligh dan manajeman masjid. Di samping itu IKMI juga melakukan penyaluran para mubaligh di masjid atau mushalla, yang bertujuan mengajak masyarakat untuk memakmurkan masjid. Karna melalui masjid dapat membawa perobahan bagi lingkungan sekitarnya, sehingga apa yang menjadi cita-cita Islam bisa tercapai yakni manjadi masyarakat mardhatillah. Strategi dakwah pada hakikatnya adalah perencanaan dan manajemen untuk mencapai suatu tujuan. Strategi adalah sarana yang digunakan untuk mencapai suatu tujuan. Tetapi untuk mencapai tujuan tersebut, strategi tidak hanya berfungsi sebagai peta jalan yang hanya menunjukan arah saja, melainkan harus menunjukkan bagaimana teknik operasionalnya. Dengan demikian strategi dakwah merupakan perpaduan dari perencanaan dan manajemen dakwah untuk mencapai suatu tujuan. Sedangkan pengembangan masyarakat Islam berarti mentraformasikan dan melembagakan semua segi ajaran Islam dalam kehidupan keluarga, kelompok sosial dan masyarakat. Untuk memudahkan dalam melakukan penelitian ini, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriftif kualitatif yaitu menjelaskan temuan penulis di lapangan dengan kata-kata. Adapun pengumpulan data yang penulis lakukan dengan teknik observasi, Wawancara, dan penyebaran angket, setelah dilakukan penelitian dan pengolahan data, maka penulis dapat menyimpulkan bahwa lembaga IKMI kota dalam pengembangan masyarkat Islam, dan strategi yang digunakan termasuk strategi yang sangat baik, karna sesuai dengan prinsip-prinsip pengembangan masyarakat Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:50
Last Modified: 23 Aug 2017 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10584

Actions (login required)

View Item View Item