ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI KOPERASI PADA KOPERASI UNIT DESA ( KUD ) SAWIT JAYA – UNIT USAHA OTONOM GADANG DIRANTAU DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Kisman Susanto, (2010) ANALISIS PENERAPAN AKUNTANSI KOPERASI PADA KOPERASI UNIT DESA ( KUD ) SAWIT JAYA – UNIT USAHA OTONOM GADANG DIRANTAU DESA SUMBER MAKMUR KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201020AKN.pdf

Download (397kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Koperasi Unit Desa ( KUD ) Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau Desa Sumber Makmur Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2009. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyajian laporan keuangan Koperasi Unit Desa ( KUD ) Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau apakah sudah sesuai dengan standar akuntansi keuangan (PSAK) No.27. Koperasi Unit Desa ( KUD ) Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau memiliki beberapa unit usaha yaitu Unit Usaha waserda, unit usaha pupuk, unit usaha angkutan dan perawatan jalan, unit usaha simpan pinjam. Laporan keuangan koperasi dalam bentuk baku terdiri dari : Neraca, Perhitungan Sisa Hasil Usaha , Laporan Arus Kas , Laporan Promosi Ekonomi Anggota dan Catatan atas Laporan Keuangan. Berdasarkan penelitian dan data yang diperoleh dengan membandingkan prinsip akuntansi yang sesuai dengan PSAK No.27 maka pada KUD Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau terdapat beberapa permasalahan. Dari sisi laporan keuangan KUD Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau hanya menyajikan laporan Neraca , Perhitungan Sisa Hasil Usaha, Laporan Arus Kas, laporan Perubahan Posisi Kekayaan Bersih dan Catatan serta penjelasan atas Laporan Keuangannya. Koperasi belum menyajikan Laporan Promosi Ekonomi Anggota, sehingga tidak mencerminkan manfaat ekonomi yang diterima anggota. Koperasi juga belum melakukan pemisahan dalam mencatat transaksi antara anggota dan non anggota. Kekurangan dari laporan keuangan yang disajikan koperasi yaitu koperasi tidak memisahkan piutang pinjaman anggota dan piutang pinjaman non anggota dan tidak dilakukan nya penyisihan piutang tak tertagih. Dalam laporan perhitungan Sisa Hasil Usaha KUD Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau belum memisahkan antara transaksi yang terjadi pada anggota dengan non anggota sehingga penjualan barang dan jasa pada anggota tidak diakui dan dicatat sebagai partisipasi bruto. Semua penjualan hanya dilaporkan sebagai penjualan. Dari kesimpulan dan saran yang disampaikan penulis, hendaknya KUD Sawit Jaya – UUO Gadang Dirantau memisahkan piutang pinjaman anggota dan non anggota dan juga menyisihkan piutang tak tertagih. Selain itu koperasi juga harus membuat semua unsur – unsur laporan keuangan yang sesuai dengan PSAK No.27.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Akuntansi
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:50
Last Modified: 23 Aug 2017 06:50
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10583

Actions (login required)

View Item View Item