TINGKAT KEBERHASILAN PNPM MANDIRI DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DIDESA SUKA MULYA KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR

Dwi Prayitno, (2010) TINGKAT KEBERHASILAN PNPM MANDIRI DALAM MENGENTASKAN KEMISKINAN DIDESA SUKA MULYA KECAMATAN BANGKINANG SEBERANG KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201082PMI.pdf

Download (286kB) | Preview

Abstract

Skripsi ini berjudul “Tingkat Keberhasilan PNPM Mandiri dalam Mengentaskan Kemiskinan didesa Suka Mulya Kecamatan Bangkinang Seberang Kabupaten Kampar. Adapun yang melatar belakangi penelitian ini adalah kita ketahui bersama bahwa masalah kemiskinan memang telah lama ada sejak dahulu kala. Pada masa lalu umumnya masyarakat menjadi miskin bukan karena kekurang pangan, tetapi miskin dalam bentuk minimnya Sumber Daya Manusia. Dari ukuran kehidupan modern pada masa kini mereka tidak menikmati fasilitas pendidikan, pelayanan kesehatan, dan kemudahan-kemudahan lainnya yang tersedia pada zaman modern. Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana Tingkat Keberhasilan PNPM Mandiri dalam Mengentaskan Kemiskinan di Desa Suka Mulya dan Faktor penghambat dalam melaksanakan Program PNPM Mandiri. Untuk menjawab permasalahan diatas penulis melakukan penelitian dengan cara Observasi, Wawancara dan Dokumentasi yang kemudian dianalisa dengan menggunakan Metode Deskriptif Analitik yaitu dengan cara mencari fakta dan gejala yang ada dilapangan tanpa menghilangkan keaslian data kemudian dilakukan analisa data. Dari penelitian tersebut penulis dapat memperoleh kesimpulan bahwa Tingkat Keberhasilan PNPM Mandiri dalam Mengentaskan Kemiskinan di Desa Suka Mulya. Dapat dikatakan berhasil, karena kondisi masyarakat Desa Suka Mulya yang tergolong Rumah Tangga Miskin (RTM) sebelum adanya PNPM Mandiri mereka tidak dapat mengembangkan keahliannya, tidak memperoleh fasilitas pemberdayaan, tidak memdapatkan Dana Bantuan Langsung Masyarakat, tidak memiliki faktor produksi sendiri, dan pendapatan yang tidak bertambah. Namun setelah adanya PNPM Mandiri didesa Suka Mulya sebagian masyarakat yang tergolong miskin mereka dapat mengembangkan keahliannya, memperoleh fasilitas pemberdayaan, mendapatkan dana Bantuan Langsung Masyarakat untuk modal usaha, kemudian mempunyai faktor produksi sendiri dan bertambahnya pendapatan. Kegiatan PNPM Mandiri yang terlaksana untuk mengentaskan masyarakat miskin yakni memberikan dana Bantuan Langsung Masyarakat dalam bentuk Simpan Pinjam Perempuan (SPP), Beasiswa untuk anak yang tergolong rumah tangga miskin, pelatihan bordir dan menjahit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 302 Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:49
Last Modified: 23 Aug 2017 06:49
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10582

Actions (login required)

View Item View Item