Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

SISTEM DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KUANTAN SINGINGI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SANTRI

Husni Wati (2010) SISTEM DAKWAH PONDOK PESANTREN NURUL ISLAM KUANTAN SINGINGI TERHADAP PEMBINAAN AKHLAK SANTRI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201074PMI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pondok pesantren Nurul Islam Kuantan Singingi tumbuh dan berkembang di tengah-tengah masyarakat dengan berbagai implikasi politik-kultural yang menggambarkan sikap para ulama Islam pada saat itu sehingga berusaha menghindarkan tradisi tersebut agar tidak berpengaruh kepada budaya kebaratan. Pada umumnya pondok pesantren telah menjadi pusat dakwah, dan ia juga berperan sebagai sistem pembelajaran dan pendidikan. Karena sebelum adanya sistem pendidikan moderen diperkenalkan, maka pondok pesantren lah salah satu sistem pendidkan. Adapun tujuan yang ingin penulis capai dalam penelitian ini adalah, yaitu ingin mengetahui sistem pondok pesantren Nurul Islam Kuantan Singingi terhadap pembinaan akhlak santri di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar, dan ini merupakan inti permasalahan yang akan penulis teliti. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pondok pesantren dan pengasuh santri yang berjumlah 4 orang pengasuh santri dan 21 orang guru pondok pesantren. Jadi sampel dalam penelitian ini diambil seluruh dari populasi yang ada, karena mengingat jumlah populasinya sedikit. Dalam proses pengumpulan data dalam penelitian ini penulis menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dapat dikumpulkan dan disusun secara sistematis maka langkah selanjutnya yaitu penulis menganalisa data tersebut dan kemudian data-data yang telah ada diolah serta dipaparkan dalam bentuk kata-kata sehingga teknik ini disebut dengan istilah deskriftif kuantatif persentase. Dari data yang penulis kumpulkan dan penulis paparkan, maka dapatlah diketahui bahwa persentase rata-rata kualitatif dengan nilai 82,44% dimana nilai tersebut dapat dikategorikan baik yaitu 76-100%, untuk itu pondok pesantren Nurul Islam Kuantan Singingi dikatakan baik dalam pembinaan akhlak santri di Kecamatan Gunung Toar Kabupaten Kuantan Singingi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam > 297.74 Dakwah Islam, Penyebaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:47
Last Modified: 23 Aug 2017 06:47
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10580

Actions (login required)

View Item View Item