Mohd Nor Asrad Bin Hamzah (2010) URGENSI PELAJARAN AGAM DALAM PEMBINAAN PELAJAR MASA KINI DI SEKOLAH MENENGAH BAGAN SERAI PERAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_201059PMI.pdf Download (222kB) | Preview |
Abstract
Penulisan skripsi ini mengangkat masalah tentang pelajaran agama yang diajarkan di sekolah ternyata tidak memberikan efek yang maksimal terhadap pelajar di Sekolah Menengah Bagan Serai Perak Darul Redzuan. Judul skripsi ini ialah Urgensi Pelajaran Agama Dalam Pembinaan Pelajar Masa Kini. Untuk itu, penulis menggunakan metode penelitian subjek dan objek penelitian, populasi dan sampel dan lokasi penelitian serta deskriptif analisis yaitu penulis menggambarkan dan menganalisis kebijakan sekolah di Sekolah Menengah Bagan Serai Perak Darul Redzuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah mengadakan penelitian, penulis menemukan hasil penelitian yaitu pendidikan agama di sekolah diarahkan kepada pembentukan adab, akhlak Islamiah. Spesifikasi ilmu dari pengajar mata pelajaran agama ini dapat dibahagikan kepada beberapa bidang seperti tilawah Al-Quran, kefahaman Islam, hafazan, ulum syariah, aqidah, ibadah dan sirah Nabawiyah. Metode dan teknik pengajaran berbentuk ceramah, kupasan buku dan pemberian tugas. Menurut hemat penulis, hasil penelitian dan banyak hal yang harus diperbaiki di Sekolah Menengah Bagan Serai Perak Darul Redzuan, diantaranya perlu ditinjau kembali kurikulum yang diterapkan di sekolah. Diantaranya adalah waktu pembelajaran agama perlu ditambah dan jam guru perlu ditingkatkan untuk mencapai hasil lulusan sekolah yang lebih baik dan cemerlang.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.7 Perkembangan Islam |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 06:45 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 06:45 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10579 |
Actions (login required)
View Item |