ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR

Fitriyani, (2010) ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM KEARSIPAN PADA KANTOR DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010210ADN.pdf

Download (753kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan sistem kearsipan yang baik dan teratur adalah merupakan kunci keberhasilan dan suksesnya dalam melaksanakan administrasi pada suatu kantur/ instansi baik pemerintah maupun swasta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Sistem Kearsipan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar dan untuk mengetahui peralatan yang digunakan untuk sistem kearsipan dan untuk mengetahui faktor penghambat sistem kearsipan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar. Sejalan dengan penelitian ini, maka populasi penelitian ini adalah seluruh pegawai Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil yang berjumlah 16 orang. Untuk mendapatkan data dilapangan maka penulis menggunakan teknik angket, dan teknik wawancara dan observasi. Dan untuk jenis data yang di kumpulkan meliputi data primer dan data skunder. Data primer yaitu data yang langsung diperoleh dari responden penelitian seperti penelitian terhadap tanggapan responden mengenai pelaksanaan sistem kearsipan pada Kantor Dinas Kepndudukan dan Catatan Sipil. Sedangkan data skunder yaitu data yang berbntuk dokumen yang diperoleh dari Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar. Mengacu kepada bentuk data yang di kumpulkan maka penulis menggunakan teknik mengumpulkan data dengan cara : 1. Quisioner yaitu suatu rangkaian pertanyaan yang di susun secara tertulis dan serta alternative jawabannya sehingga responden tinggal memilih. 2. Wawancara yaitu suatu proses tanya jawab yang dilakukan terhadap responden. 3. Observasi yaitu suatu unit yang akan diteliti akan dilakukan pengamatan secara seksama dan dibandingkan dengan kenyataan tersebut dengan teori kearsipan. Setelah seluruh data terkumpul, langkah selanjutnya di golongkan menurut klasifikasinya dan di lakukan analisis secara deskriptif, hasil tersebut akan disajikan dalam bentuk tabel dan di jelaskan secara umum. Setelah penulis mengadakan penelitian lapangan sesuai dengan permarsalahan yang di bahas maka penulis mengambil kesimpulan : 1. Dalam pelaksanaan sistem kearsipan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar menggunakan sistem abjad, yaitu sistem penyimpanan dan penemuan arsip berdasarkan nama instansi secara abjad, sistem nomor yaitu dengan berdasarkan nomor, sistem tanggal yaitu dengan berdasarkan tanggal. 2. Pemusnahan arsip yang tidak mempunyai nilai guna atau tidak digunakan lagi dalam pelaksanaan sehari-hari di musnahkan dalam jangka 5 tahun. 3. Pelaksanaan kegiatan kearsipan surat-surat di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar berjalan dengan baik, dan karena banyaknya surat masuk maka di perlukan fasilitas penyimpanan surat yang lebih banyak agar konsekuensi penambahan biaya untuk pengadaan fasilitas tersebut. Berdasarkan dari data yang penulis kumpulkan dilapangan serta dilengkapi dengan analisis, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan sistem kearsipan pada Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kampar di katagorikan baik, karena hasil yang diperoleh adalah 61,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:43
Last Modified: 23 Aug 2017 06:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10577

Actions (login required)

View Item View Item