FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI TUNGGAKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) PADA KANTOR DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU

Suhaeni, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPEGARUHI TUNGGAKAN PEMBAYARAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB) PADA KANTOR DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010208ADN.pdf

Download (528kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan pada masyarakat yang berdomisili di Kota Pekanbaru. Adapun tujuan dari pada penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi tunggakan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teknik analisa data deskriptif kualitatif. Yakni setelah seluruh data diperoleh terkumpul, data tersebut kemudian dikelompokkan menurut jenis dan macam data serta ditambahkan dengan keterangan-keterangan yang sifatnya mendukung dalam menjelaskan hasil penelitian. Kemudian data dianalisa secara deskriptif yakni dengan cara memberikan gambaran secara umum mengenai variabel yang diteliti dan disajikan dengan uraian dan penjelasan. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Kepala Keluarga yang juga merupakan Wajib Pajak sebanyak 71820 jiwa. Mengenai besarnya jumlah populasi tersebut, demi untuk menghemat biaya, tenaga, dan waktu maka peneliti mengambil sampel dengan menggunakan teknik sampling incidental yakni penentuan sampel berdasarkan kebetulan, yaitu siapa saja yang kebetulan ditemui itu cocok sebagai sumber data. Dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5% sehingga didapat sebanyak 398 jiwa. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi tunggakan pembayaran PBB adalah: kesadaran masyarakat yang kurang baik karena belum mengetahui tentang arti pentingnya PBB, kemampuan masyarakat untuk membayar yang masih rendah, pelayanan jasa pemerintah atau aparatur terkait yang masih belum berjalan dengan efektif dan efisien, serta tingkat kelalaian masyarakat yang sangat tinggi sehingga kurang termotivasi untuk membayar PBB. Penelitian ini diharapkan menjadi masukan bagi DISPENDA kota Pekanbaru agar lebih memberikan sosialisasi terhadap masyarakat tentang arti penting membayar PBB, memberikan tarif yang sesuai ukurannya dengan objek pajak, pelayanan jasa yang diberikan harus lebih prima dan dapat berjalan dengan efektif serta sesuai dengan sistem dan prosedur pembayaran PBB yang telah ditetapkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:40
Last Modified: 23 Aug 2017 06:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10574

Actions (login required)

View Item View Item