ANALISIS PENERAPAN ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. CITRA RIAU SARANA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI

Jasmat, (2010) ANALISIS PENERAPAN ELECTRONIC DATA PROCESSING (EDP) DALAM SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PADA PT. CITRA RIAU SARANA KABUPATEN KUANTAN SINGINGI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201001AKN.pdf

Download (364kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada PT. Citra Riau Sarana merupakan perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan pengolahan kelapa sawit dan hasil akhirnya CPO (Crude Palm Oil) dan inti sawit PK (Palm Kernel) yang terletak di Desa Kuantan Sako di Kecamatan Logas Tanah Darat Kabupaten Kuantan Singingi. PT.Citra Riau Sarana telah menggunakan komputer sejak tahun 1997, secara lengkap tujuan dari penelititian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan Electronic Data Processing (EDP) Dalam Sistem Informnasi Akuntansi telah bejalan dengan baik. Dalam melakukan penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan atau menguraikan sesuatu hal menurut apa adanya dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan membuat daftar pertanyaan kebagian akuntansi, Electronic Data Processing (EDP) dan bagian PGA (Personalia General Affair) perusahaan. Adapun permasalahan yang ditemui adalah penggunaan password komputer pada bagian Akuntansi dan EDP yang kurang kerahasiaannya dan pengendalian. Pemrosesan laporan pengecekan data dan sumber transaksi dokumen yang dilakukan dalam 15 (lima belas) hari sekali, tidak setiap hari akhir jam kerja. PT. Citra Riau Sarana pada bagian EDP hal ini belum ada teknisi spesial jaringan dan teknisi komputer apabila terjadi gangguan pada database, jaringan LAN, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software). Setelah melakukan penelitian maka dapat di tarik kesimpulan bahwa penerapan EDP Dalam Sistem Infomasi Akuntansi pada PT. Citra Riau Sarana Kabupaten Kuantan Singingi belum berjalan dengan baik, karena masih di temukan masalah-masalah dalam perusahaan sehingga informasi yang di hasilkan kurang efektif dan efesien. Hal ini perlu memerlukan perbaikan secara berkelanjutan demi meningkatkan kinerja perusahaan pada masa yang akan datang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu-ilmu Terapan > 650 Bisnis > 657 Akuntansi
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:38
Last Modified: 23 Aug 2017 06:38
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10571

Actions (login required)

View Item View Item