ANALISIS PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI KOTA PEKANBARU

Radja Riana Agista, (2010) ANALISIS PENERIMAAN PAJAK HOTEL DI KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010198ADN.pdf

Download (785kB) | Preview

Abstract

Pemerintah daerah mempunyai tanggungjawab menjalankan roda pemerintahan, pembangunan, pengelolaan pembangunan dan meningkatkan penerimaan daerah. Salah satu upaya meningkatkan pendapatan daerah yaitu meningkatkan penerimaan dari sektor pajak daerah. Salah satu pajak daerahyang dikelola oleh Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru adalah pajak hotel. Semua sumber pendapatan dari penerimaan pajak hotel masuk ke dalam kas daerah, termasuk penerimaan lainnya yang dipergunakan untuk kepentingan masyarakat serta pembangunan daerah kota Pekanbaru. Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan sistem penerimaan pajak hotel di Kota Pekanbaru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan administrasi sistem penerimaan pajak hotel di kota Pekanbaru. Keterbatasan kemampuan peneliti dan ketersediaan data sekunder yang diperoleh,maka peneliti melakukan wawancara kepada narasumber pelaksana sistem penerimaan pajak hotel di kota Pekanbaru yang merupakan data primer. Untuk menganalisa penelitian ini peneliti melakukan pendekatan secara deskriptif kualitatif berdasarkan data yang diperoleh (data sekunder) dan data primer berupa hasil wawancara. Setelah dilakukan analisa hasil penerimaan pajak hotel di kota Pekanbaru dapat dikatakan bahwa sumber dari pendapatan ini cukup besar. Tetapi bila dilihat dari target terhadap realisasi penerimaan pajak hotel di kota Pekanbaru mengalami penurunan tiap tahunnya. Hal ini disebabkan oleh sistem penerimaan pajak hotel di Pekanbaru belum berjalan optimal. Pelaksanaan pendaftaran dan pendataan wajib pajak hotel sudah dilaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Pelaksanaan penetapan pajak hotel juga sudah sesuai dengan prosedur dan peraturan yang ada, namun pada pelaksanaanya mengalami hambatan dimana sebahagian wajib pajak hotel yang mengisi SPTPD sering melakukan kesalahan dan tidak melakukan klarifikasi kepada Dipenda Kota Pekanbaru tentang perubahan tarif kamar hotel maupun yang berkaitan dengan sistem self assesment. Kegiatan pembukuan dan pelaporan baik dari pihak Dipenda Kota Pekanbaru maupun dari wajib pajak hotel sudah melaksanakan sesuai dengan prosedur yang ada. Pada tahap akhir pelaksanaan pemungutan dan penagihan kendala yang dihadapi adalah besarnya jumlah tunggakan pajak hotel oleh wajib pajak hotel di kota Pekanbaru Adapun upaya oleh Dipenda Kota Pekanbaru untuk mengatasi masalah ini adalah mensosialisasikan Peraturan Daerah Nomor 05 Tahun 2006 tentang pajak hotel di Kota Pekanbaru dan memberikan sanksi yang sesuai. Berdasarkan analisis di atas diharapkan ada perbaikan pada sistem isian SPTPD untuk meminimalisir kesalahan dalam penetapan pajak, serta penegakan hukum (law inforcement) yang sesuai dengan Perda Nomor 05 Tahun 2006. Kata Kunci : Pajak Hotel, Realisasi penerimaan pajak hotel, sistem penerimaan pajak hotel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:27
Last Modified: 23 Aug 2017 06:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10563

Actions (login required)

View Item View Item