ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK DI DESA TASIK SERAI KECAMATAN PINGGIR KABUPATEN BENGKALIS

Erwan, (2010) ANALISIS PELAKSANAAN PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK DI DESA TASIK SERAI KECAMATAN PINGGIR KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010171ADN.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pelayanan masyarakat adalah salah satu fungsi pemerintahan yang penting karena kualitas pelayanan masyarakat berbagai aktivitasnya akan mencerminkan bagaimana pnyelenggaran pemerinthan tersebut telah terlaksana. Oleh sebab itu, pelayanan masyarakat yang diberikan suatu instansi pemerintah adalah merupakan ukuran keberhasilan dari penyelenggaraannya. Pada dasarnya agar pelayanan masyarakat yang diberikan oleh Pemerintah Desa dapat terlaksana dengan baik, maka harus memenuhi kriteria antara lain yaitu ketepatan waktu, biaya yang relative murah dan mutu pelyanan yang cukup baik. Adapun bentuk-bentuk pelayanan yang diberikan oleh pemerintah desa antara lain adalah : Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), Surat Pindah, Surat Pengantar SKBB, Surat Pengantar Nikah, Surat Pengantar Akte Kelahiran dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan Pemerintah Desa Tasik Serai Kecamatan Pinggir Kabupaten Bengkalis dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, selanjutnya yang menjadi populasi dan sampel penulis hanya mengambil 10 % dari populasi yang berjumlah 5105 jiwa, kemudian ditentukan dengan metode obserpasi, wawancara. Kuisioner. Kemudian data-data tersebut dianalisis secara deskiftif dari hasil penelitian yang penulis lakukan mendapatkan secara keseluruhan menghasilkan bahwa ditinjau dari segi waktu, biaya, dan mutu pelayanan khususnya dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk(KTP) dengan kategori kurang baik. Adapun faktor-faktor penghambat dalam aktifitas pelayanan masyarakat pemerintah Desa Tasik Serai dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP) antara lain adalah : masih rendahnya tingkat pendidikan Perangkat Desa, masih banyaknya Perangkat Desa yang kurang memahami tentang peraturan perundang-undangan baru yang berlaku dengan pelaksanaan tugasnya sehingga dalam pelaksanaan tugas masih mengandalkan pengalaman yang ada, serta jumlah Perangkat Desa yang ada di Desa Tasik Serai masih kurang jika dibandingkan dengan beban tugas yang ada. Oleh sebab itu, sebaiknya tingkat pengetahuan dan keterampilan Perangkat Desa dapat lebih ditingkatkan sehingga pelaksanaan tugas dibidang pemerintahan dapat berjalan lancar dan terlaksana dengan baik sesuai dengan peraturan perundangundangan,serta menambah jumlah Perangkat Desa sehingga aktifitas pelayanan masyarakat dapat berjalan lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:12
Last Modified: 23 Aug 2017 06:12
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10553

Actions (login required)

View Item View Item