KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN HUKUM WAQAF DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs KUNTU KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR

Syafril, (2010) KEMAMPUAN SISWA MENGAPLIKASIKAN HUKUM WAQAF DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MTs KUNTU KECAMATAN KAMPAR KIRI KABUPATEN KAMPAR. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201005PAI.pdf

Download (418kB) | Preview

Abstract

Al-Qur’an merupakan sentral dalam pembelajaran agama Islam, sehingga dirasakan perlu untuk memahaminya, karena Al-Qur’an berfungsi sebagai pedoman dan petunjuk serta pembeda antara haq dan yang batil bagi manusia terutama insan yang beriman. Setiap umat islam di samping wajib mengimani juga wajib mempelajari dan mengamalkan serta mengamalkan isi kandungan Al-Qur’an, untuk bisa memahami dan mengimani Al-Qur’an perlu dipelajari terlebih dahulu. Mempelajari Al-Qur’an bermula dari mempelajari huruf-hurufnya yang dikenal dengan huruf hijaiyyah dan ditambah dengan membaca dan menuliskan AlQur’an dengan baik dan benar, pada tingkat selanjutnya pembelajaran Al-qur’an diteruskan dengan mempelajari tajwid yang mencakup beberapa pembahasan diantaranya ialah hukum waqaf, adapun pembahasan didalam hukum waqaf ada dua : 1. Cara membunyikan bacaan yang ada tanda waqafnya. 2. Memahami ketentuan tanda-tanda waqaf Berdasarkan Study pendahuluan penulis di Madrasah Tsnawiyah Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Di temui gejala-gejala sebagai berikut : a. Masih ada siswa tidak berhenti pada tanda waqaf yang seharusnya berhenti. b. Masih ada siswa yang kurang paham bagaimana membunyikan bacaan waqaf. c. Masih ada siswa yang sudah mengenal tanda waqaf tapi belum bisa mengaflikasikan dalam membaca Al-Qur’an. Berdasrkan gejala di atas penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul Kemampuan siswa mengaflikasikan hukum Waqaf dalam membaca Al-Qur’an di MTs Kuntu Kecamatan Kampar kiri Kabupaten Kampar. Adapun rumusan masalahnya bagaimana kemampuan siswa menaflikasikan hukum waqaf ketika membaca Al-Qu’an serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhinya. Dari hasil penelitian diperoleh hasil kemampuan siswa mengaflikasikan hukum waqaf dalam membaca Al-Qur’an di MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten kampar. Cukup mampu dengan hasil persentase 40 % sehingga dengan angka ini maka ditarik kesimpulan bahwa kemampuan siswa mengaflikasikan hukum waqaf di MTs Kuntu Kecamatan Kampar Kiri kabupaten Kampar Cukup mampu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: eva sartika
Date Deposited: 23 Aug 2017 06:11
Last Modified: 23 Aug 2017 06:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10552

Actions (login required)

View Item View Item