ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA RANAH SINGKUANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2010

Edi Zarman, (2010) ANALISIS PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DESA RANAH SINGKUANG KECAMATAN KAMPAR KABUPATEN KAMPAR TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010153ADN.pdf

Download (352kB) | Preview

Abstract

Didalam negara yang menganut paham demokrasi, pada umumnya untuk memilih seorang pemimpin menggunakan pemilihan langsung yang artinya pemimpin ditunjuk langsung oleh warga negara yang bersangkutan. Begitu juga dengan negara indonesia, maka dalam hal ini sangatlah penting adanya partisipasi dari masyarakat supaya didalam proses demokrasi bisa berjalan dengan baik dan mampu untuk mewujudkan tujuan dari demokrasi tersebut. Dalam hal ini tidak terlepas juga dalam pemilihan pemimpin pada tingkat bawah seperti kepala desa selaku orang yang akan menjalankan roda pemerintahan pada level desa, yang langsung dibawah camat. Semenjak diterbitkannya aturan tentang pemerintahan desa, maka masyarakat desa sangat mempunyai kesempatan untuk memajukan daerahnya dan dalam hal ini tidak terlepas siapa yang memegang pemerintahan pada tingkat desa. Maka penulis membuat skripsi penelitian tentang analisis partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala desa, dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat didalam memilih seorang pemimpin yang akan menjadi seorang panutan pada tingkat desa. Mengingat luasnya lokasi penelitian maka peneliti menggunakan metode proportionate stratified random sampling, yang mana sampel diambil secara acak dari jumlah populasi yang ada disetiap dusun Desa Ranah Singkuang Kecamatan Kampar Kabupaten Kampar. Untuk teknik pengukuran data peneliti menggunakan kuisioner, wawancara, dan observasi dilokasi penelitian, agar data yang diperoleh lebih valid. Dan peneliti akan menjumlahkan keseluruhan dari data yang didapat dari lapangan, kemudian dari data tersebut akan diambil kesimpulan mana yang lebih tinggi atau besar persentasenya. Adapun jenis analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa kualitatif yaitu dalam bentuk tabel-tabel dengan melihat jawaban responden terhadap komponen-komponen yang mempengruhi partisipasi politik masyarakat dalam pemilihan kepala desa, dalam hal ini juga diukur dengan persentase.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 05:15
Last Modified: 23 Aug 2017 05:15
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10542

Actions (login required)

View Item View Item