ANALISIS FUNGSI DINAS PENDAPATAN DAERAH ( DIPENDA ) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( PAD ) DI KABUPATEN BENGKALIS

Rudy Agustian, (2010) ANALISIS FUNGSI DINAS PENDAPATAN DAERAH ( DIPENDA ) DALAM MENINGKATKAN PENDAPATAN ASLI DAERAH ( PAD ) DI KABUPATEN BENGKALIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010148ADN.pdf

Download (305kB) | Preview

Abstract

Fungsi Dinas Pendapatan Daerah ( DIPENDA ) Kebupaten Bengkalis adalah perwujudan dari segala tugas pemerintahan yaitu pemerintah daerah Kabupaten Bengkalis di bidang pendapatan daerah dan sekaligus menjadi urusan rumah tangga daerah Kabupaten Bengkalis dalam rangka mencapai tujuan nasional yaitu mensejahterakan rakyat Indonesia. Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis pada tanggal 10 November 2008 hingga tanggal 1 September 2009. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa dan menjelaskan fungsi Dinas Pendapatan Daerah ( DIPENDA ) Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ) Kabupaten Bengkalis dan untuk mengetahui upaya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bengkalis. Adapun variabel penelitian ini terdiri dari kemampuan dan pengetahuan, sistem administrasi yang fleksibel, ketegasan dan sanksi, kesadaran masyarakat dan pengembangan Sumber Pendapatan Asli Daerah yang baru. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif untuk mengambarkan secara utuh pernyataan mengenai fungsi Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ). Hipotesis yang penulis ajukan adalah : “Diduga fungsi yang dijalankan oleh Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis belum optimal dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bengkalis”. Berdasarkan hasul penelitian diperoleh hasil sebagai berikut : Fungsi Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bengkalis dapat dikatagorikan kurang baik, hal ini dapat dilihat dari kurangnya usaha Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pegawainya, sistem administrasi yang masih sangat buruk terutama pada relefansi data yang ada dengan data di lapangan, kurang tegasnya Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis dalam memberikan sanksi kepada masyarakat yang tidak membayar pajak dan retribusi yang mendukung Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Bengkalis, kemudian masih kurang efektifnya sosialisasi yang diberikan Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Bengkalis kepada masyarakat, dan jarang dilakukannya usaha dalam meningkatkan sumber Pendapatan Asli daerah Kabupaten Bengkalis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 05:03
Last Modified: 23 Aug 2017 05:03
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10537

Actions (login required)

View Item View Item