PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 LUBUK JAMBI KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI RIAU

Dina Putri, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMP NEGERI 2 LUBUK JAMBI KECAMATAN KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI RIAU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011395.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMPN 2 Lubuk Jambi setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan pembelajaran model pembelajaran Advance Organizer. Dalam hal ini rumusan masalah adalah” Apakah pembelajaran Advance organizer dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada kelas VII A SMPN 2 Lubuk Jambi semester ganjil? Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan observasi, penulis memberikan tes setelah selesai satu pokok bahasan sehingga diperoleh data hasil satu pokok bahasan sehingga diperoleh data hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan, penulis memberikan skor untuk setiap soal kemudian mengana lisa data. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis statistik deskriftif dan analisi statistik inferensial. Analisis statistik deskriftif bertujuan untuk mendiskrifsikan data tentang aktipitas guru dan siswa, nilai perkembangan siswa, ketuntasan hasil belajar matematika. Sedangkan analisis statistik inferensial untuk menguji keberhasilan tindakan dengan cara membandingkan hasil belajar matematika setelah tindakan dengan menggunakan uji statistik yaitu tes ”t” yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS. Penerapan model pembelajaran Advance Organizer ini telah diperoleh mean sebesar 87,10. Sedangkan mean hasil belajar sebelum menggunakan penerapan Advance Organizer sebesar 54,83. Dengan melihat perbedaan mean, hasil belajar siswa sebelum dan sesudah tindakan dapat berpedoman dengan nilai tes ”t’. Dengan membandingkan observasi dengan t tabel, dimana dengan df = 30 diperoleh angka 2,03 untuk taraf 5% dan 2,72 untuk taraf siknifikan 1% dengan t observasi= 6,337 beralti lebih besar dari t tabel taraf signifikan 5% maupun taraf signipikan 1% ( 2,03 < 6,337> 2,72) yang berarti hipotesis nilai ditolak dan Ha diterima. Selain dengan melihat perbedaan mean dari perbedaan rata-rata hasil belajar matematika diatas dapat disimpulkan bahwah penerapan model Pembelajaran Advance Orgnizer dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII A SMPN 2 Lubuk Jambi pada semester ganjil pada materi bilangan bulat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:45
Last Modified: 15 Jan 2016 03:45
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1053

Actions (login required)

View Item View Item