SIKAP MENANTU TERHADAP MERTUA DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM

Arifa Aini, (2010) SIKAP MENANTU TERHADAP MERTUA DI TINJAU DARI HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201062AH.pdf

Download (312kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah Dalam bentuk apa sikap menantu dan akibatnya kepada mertua, faktor yang mempengaruhi sikap menantu tesebut terhadap mertua, dan bagaimana tinjauan hukum Islam. Penelitian ini di lakukan di Desa Gunung Sahilan Kecamatan Gunung Sahilan, karena di desa ini banyak terdapat kasus tentang sikap menantu yang memandang mertua bagaikan orang lain, serta tidak men-ghargai dan menyayangi sebagaimana layaknya orang tua kandung sendiri. Metode yang penulis gunakan dalam penulisan skripsi ini ialah inetode deduktif, induktif, dan deskriptif, terhadap data primer dan skunder, data primer yaitu data yang diperoleh langsting dari menantu dan mertua, yang ada di desa Gunung Sahilan, adapun data skunder ialah data yang penulis peroleh dari tokoh masyarakat, Alim Ulama dan berbagai literatur yang ada hubungan dengan masalah yang di teliti. Dalam kehidupan keluarga di Desa Gunung Sahilan ada semacam kebiasaan dimana seorano menantu memanclatig mertuanya bagaikan orang lain, dan bahkan lebih parah lagi, ketika mertua berkunjung kerumah anaknya, maka menantu tidak menghargai serta melayani mertua sebagaimana orang tua kandung sendiri, sedangkan bagi seorang menantu itu wajib menyayangi mertuanya sebagaimana orang tua kandungnya sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.577 Perkawinan Menurut Islam, Pernikahan Menurut Islam, Munakahat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:43
Last Modified: 23 Aug 2017 04:43
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10525

Actions (login required)

View Item View Item