Search for collections on Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Repository

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) (STUDI KASUS TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA DI DESA KARYA MULYA KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU)

Marlinda Nurlela (2010) EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KECAMATAN (PPK) (STUDI KASUS TERHADAP PROGRAM PEMBANGUNAN SARANA DAN PRASARANA DI DESA KARYA MULYA KECAMATAN RAMBAH SAMO KABUPATEN ROKAN HULU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010135ADN.pdf

Download (440kB) | Preview

Abstract

Program Pengembangan Kecamatan (PPK) merupakan program yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan berdasarkan pengembangan kemandirian masyarakat melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan kelembagaan dalam penyelenggaraan pembangunan desa dan atau antar desa serta peningkatan penyediaan sarana dan prasarana sosial ekonomi sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, program ini merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Provinsi Riau dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) khususnya pada pembangunan sarana dan prasarana yang dilakukan Di Desa Karya Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu , apakah sudah sesuai dengan prinsip-prinsip PPK. Sejalan dengan tujuan penelitian di atas, maka populasi penelitian ini adalah anggota PPK tingkat kecamatan dan desa yang berjumlah 53 orang. Karena terbatasnya jumlah populasi maka semua populasi dijadikan sebagai sampel, dengan menggunakan teknik Porposive Sampling. Data yang digunakan yaitu data primer yakni data yang diperoleh langsung dari narasumber dan informan melalui observasi, kuesioner, serta wawancara. Kemudian data sekunder yakni data yang sudah diolah dalam bentuk naskah dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa Evaluasi Pelaksanaan Program Pengembangan Kecamatan (PPK) khususnya pada pembangunan sarana dan prasarana yang dilaksanakan di Desa Karya Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu kebanyakan (76,19%) sudah sesuai dengan prinsip-prinsip PPK,bahkan ada juga responden yang menyatakan sangat sesuai yakni (1,44%), namun walupun begitu masih ada juga responden yang menilai pada kategori cukup sesuai (16,98%), dan yang menilai kurang sesuai (5,21%), bahkan ada yang belum sesuai sama sekali (0,18%). Oleh karena itu disarankan pemerintah harus lebih perhatian lagi terhadap program ini agar masyarakat bisa merasakan setiap pembangunan yang dilaksanakan,sehingga dapat bermanfaat terhadap kehidupan masyarakat tersebut.Disamping itu pemerintah harus melakukan pembinaan serta pengawasan terhadap pelaksanaan pembangunan dan pelaksanaan evaluasi yang didasari pada kejujuran, motivasi dan keinginan yang kuat dari para pelaku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:30
Last Modified: 23 Aug 2017 04:30
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10520

Actions (login required)

View Item View Item