PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP FATAHA KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK

Paini, (2011) PENERAPAN STRATEGI PAIKEM DALAM TATANAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKANMOTIVASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII DI SMP FATAHA KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011414.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajan kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas VII2 SMP FATAHA Kecamatan Tualang Kabupaten Siak setelah diterapkan strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ Bagaimana penerapan strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII2 SMP FATAHA Kec.Tualang Kab.Siakpada pokok bahasan garis dan sudut?” Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Dalam penelitian ini guru berkolaborasi dengan peneliti dalam proses pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP FATAHA yang berjumlah 38 orang dan objek penelitian ini adalah strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan motivasi siswa. Penelitian diawali dengan pertemuan awal (tanpa tindakan) dan tiga siklus (dengan tindakan). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini, yaitu satu kali pertemuan sebelum tindakan, penelitian mengadakan observasi awal padamotivasi, selanjutnya peneliti menerapkan strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD, serta mengamati perkembangan motivasi siswa dengan mengisi lembar observasi. Adapun indikator keberhasilannya adalah 10 dan nilai yang harus dicapai semua indikator siswa tersebut. Berdasarkan hasil analisis dapat diperoleh data mulai dari tanpa tindakan sampai sesudah tindakan. Adapun data yang diperoleh yaitu 40.3% (tanpa tindakan), 64.4% (siklus I), 69.5% (siklus II) dan 76.5% (siklus III). Maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan strategi PAIKEM dalam tatanan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi belajar matematika pada siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:52
Last Modified: 15 Jan 2016 03:52
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1052

Actions (login required)

View Item View Item