ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI (Studi Kasus Pada Kegiatan Simpan Pinjam Untuk Kelompok Perempuan Di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu)

Yulina Arika, (2010) ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM NASIONAL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT (PNPM) MANDIRI (Studi Kasus Pada Kegiatan Simpan Pinjam Untuk Kelompok Perempuan Di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010134ADN.pdf

Download (429kB) | Preview

Abstract

Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri merupakan program yang bertujuan untuk mempercepat penanggulangan kemiskinan secara terpadu dan berkelanjutan. Dengan pengembangan ekonomi masyarakat melalui pemberian dana simpan pinjam untuk kelompok perempuan (SPP), sehingga meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja masyarakat miskin dengan mendorong kemandirian dalam pengambilan keputusan dan pengelolaan pembangunan. Selain itu, program ini merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah Indonesia dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dengan cara mengentaskan kemiskinan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Khususnya Program Simpan Pinjam untuk kelompok perempuan (SPP) di Desa Batu Gajah Kecamatan Pasir Penyu Kabupaten Indragiri Hulu, karena sudah 3 tahun program ini dijalankan belum memperlihatkan hasil yang sangat signifikan. Sejalan dengan tujuan penelitian di atas, maka populasi penelitian ini adalah anggota simpan pinjam Desa Batu Gajah. Berpegang pada prinsip rasionalitas dan untuk mendukung validitas hasil penelitian ini, maka ditetapkan sampel 36 orang keseluruhan dari populasi, dengan menggunakan teknik sensus. Data yang digunakan yaitu data primer yakni data yang diperoleh langsung dari narasumber dan informan melalui observasi, kuesioner, serta wawancara. Kemudian data sekunder yakni data yang sudah diolah dalam bentuk naskah dan dokumentasi. Berdasarkan analisis yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri - Simpan Pinjam di Desa Batu Gajah kebanyakan (43.82%) sudah sesuai dengan Keputusan Menkokesra Nomor 25 Tahun 2007 Tentang Pedoman Umum Dan Petunjuk Teknis Operasional Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri, walupun begitu ada responden yang menilai sangat sesuai (22,37%), yang menilai cukup sesuai sebanyak (18,67%), namun ada juga responden (13,42%) menilai masih kurang sesuai, bahkan ada responden (1,69%) yang belum sesuai sama sekali. Sesuai dengan hasil penelitian ini, maka pemerintah harus lebih menyederhanakan lagi persyaratan yang dibuat agar masyarakat yang menjadi sasaran utama program ini bisa melakukan pinjaman dan agar tidak terjadi penyalah gunaan dana yang dipinjamkan maka pelatihan, pembinaan serta pengawasan terhadap pelaksanaan dan penggunaan dana harus lebih ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:28
Last Modified: 23 Aug 2017 04:28
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10519

Actions (login required)

View Item View Item