MEKANISME KONSULTASI KELUARGA OLEH LEMBAGA PUSAT PELAYANAN KONSULTASI SYARI’AH CABANG RIAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM

Azzuhri Bajuri, (2010) MEKANISME KONSULTASI KELUARGA OLEH LEMBAGA PUSAT PELAYANAN KONSULTASI SYARI’AH CABANG RIAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201038AH.pdf

Download (879kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Mekanisme Konsultasi Keluarga oleh Lembaga Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah Cabang Riau menurut Perspektif Hukum Islam” ,Penelitian ini di latar belakangi tentang benyaknya permasalahan keluarga yang dihadapi oleh masyarakat yang dikonsultasikan pada Lembaga Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah. Adapun permasalahan yang penulis rumuskan dalam penelitian ini adalah Bagaimana mekanisme konsultasi keluarga oleh Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah cabang Riau, Apa saja Kasus keluarga yang pernah di konsultasikan pada Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah cabang Riau, Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang mekanisme konsultasi keluarga oleh Lembaga Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah cabang Riau. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mekanisme konsultasi keluarga, apa saja kasus keluarga yang pernah di konsultasikan, dan Bagaimana tinjauan hukum Islam tentang mekanisme konsultasi keluarga oleh Lembaga Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah cabang Riau. Skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), lokasi penelitian ini berada di Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah (PPKS) ”Sharia Consulting Center” SCC Riau yang berada Jl. Akasia No. 21 Tangkerang Utara Pekanbaru Riau, Populasi penelitian ini adalah seluruh Pengurus Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah (SCC) Riau yang berjumlah 12 Orang. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari seluruh pengurus PPKS SCC Riau dan masyarakat yang berkonsultasi pada lembaga tersebut. sedangkan data sekunder berasal dari Tokoh Agama, Masyarakat, BP4 Depag Kota Pekanbaru dengan cara menyebarkan angket, Observasi, wawancara dan dokumentasi dan juga dari dokumen-dokumen dalam buku yang berkaitan dengan permasalahan yang di teliti. Metode penulisan penelitian ini menggunakan teknik deskriptif Analitik. Setelah penulis melakukan penelitian tentang mekanisme konsultasi keluarga oleh lembaga Pusat Pelayanan Konsultasi Syari’ah di Menurut perspektif Hukum Islam, dapat disimpulkan bahwa mekanisme konsultasi yang berjalan selama ini pada lembaga Pusat Pelayanan konsultasi syari’ah berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan syari’at Allah. Seperti halnya menjaga kerahasiaan identitas orang yang berkonsutasi pada lembaga terebut. Sehubungan dengan hasil penelitian bahwa mekanisme konsultasi keluarga oleh lembaga PPKS SCC Riau sudah berjalan dengan baik dan hanya ada beberapa hal saja yang perlu dibenahi maka diharapkan kepada PPKS SCC Riau untuk dapat memberikan pelayanan yang lebih baik lagi kepada masyarakat yang berkonsultasi, serta kekurangan dalam lembaga seperti kerjasama dengan instansi pemerintahan dalam hal ini BP4 Departemen Agama perlu diadakan begitu juga dengan supervisor dari pihak pemerintahan juga perlu diadakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 04:11
Last Modified: 23 Aug 2017 04:11
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10510

Actions (login required)

View Item View Item