PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN MODELLING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII2 SMP MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU

Rida Ansari Indah, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION DENGAN PENDEKATAN MODELLING MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO COMPACT DISK (VCD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII2 SMP MUHAMMADIYAH 2 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011391.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Direct Instruction dengan pendekatan Modelling menggunakan media Video Compact Disk (VCD) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru pada Kompetensi Dasar Himpunan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Direct Intruction dengan Pendekatan Modelling menggunakan media Video Compact Disk (VCD) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru yang berjumlah 41 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi dan test. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan pendekatan Modelling menggunakan media Video Compact Disk (VCD). Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti memberikan tes, dan data kemudian dianalisis. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 70 atau lebih dan siswa yang mendapat nilai 70 atau lebih berjumlah 70% dari jumlah siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan diperoleh 21 orang siswa, yaitu 51,21%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: Siklus I 24 orang siswa, yaitu 58,53%. Siklus II 27 orang siswa, yaitu 68,29%. Siklus III 36, yaitu 87,8%. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan pendekatan Modelling menggunakan media Video Compact Disk (VCD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII2 SMP Muhammadiyah 2 Pekanbaru. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas VII2 setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 41 siswa, diperoleh 36 siswa tuntas dan 5 siswa yang tidak tuntas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:40
Last Modified: 15 Jan 2016 03:40
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item