PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII6 SMP NEGERI 11 PEKANBARU

Chinta Pramita, (2011) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DENGAN PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION (RME) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA DI KELAS VII6 SMP NEGERI 11 PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2011_2011390.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII 6 SMP Negeri 11 Pekanbaru pada Kompetensi Dasar Himpunan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimanakah Penerapan Model Pembelajaran Langsung dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII 6 SMP Negeri 11 Pekanbaru?” Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 6 SMP Negeri 11 Pekanbaru yang berjumlah 40 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi, dan tes. Observasi dilakukan sebanyak 5 kali dengan 5 kali tindakan melalui penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME). Siklus I dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 3 kali pertemuan melakukan observasi dan 1 kali pertemuan evaluasi. Siklus II dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan dengan 2 kali pertemuan melakukan observasi dan 1 kali pertemuan evaluasi. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru, dan siswa. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah siswa yang mencapai nilai KKM yaitu 70 sebanyak 70% dari jumlah siswa secara keseluruhan. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar matematika siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti melakukan tes dan data kemudian dianalisis. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan hasilnya hanya 62,5% dari jumlah seluruh siswa atau 25 orang siswa yang mencapai KKM yang ditetapkan. Pada siklus I ketuntasan belajar matematika siswa meningkat dan diperoleh hasil 67,5% dari jumlah seluruh siswa atau 27 orang siswa yang mencapai KKM. Kemudian pada siklus II mengalami peningkatan ketuntasan hasil belajar matematika siswa yaitu 75% dari jumlah seluruh siswa atau 30 orang siswa yang mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran langsung dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas VII 6 SMP Negeri 11 Pekanbaru. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar matematika siswa pada sebelum dan sesudah tindakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.236 Sekolah Menengah Pertama, SMP
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 15 Jan 2016 03:37
Last Modified: 15 Jan 2016 03:37
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/1050

Actions (login required)

View Item View Item