PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH OLEH AMIL SETELAH LEBARAN DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDY KASUS DESA SEROMBOU INDAH KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU)

Amrizal, (2010) PEMBAGIAN ZAKAT FITRAH OLEH AMIL SETELAH LEBARAN DITINJAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDY KASUS DESA SEROMBOU INDAH KECAMATAN RAMBAH HILIR KABUPATEN ROKAN HULU). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201016AH.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul : PEMBAGIAN ZAKAT FIRTAH OLEH AMIL SETELAH LEBARAN DI TINJAU MENURUT PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (Studi Kasus Desa Serombou Indah Kecamatan Rambah Hilir Kabupeten Rokkan Hulu)”. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pelaksanaan pembagian zakat fitrah setelah lebaran oleh amil desa Serombou Indah, yang mana dengan adanya pelaksanaan pembagian zakat fitrah setelah lebaran ini mengakibatkan fakir, miskin serta asnab yang lain nya yang sangat membutuhkan hasil dari pembagian zakat fitrah tersebut untuk keperluan lebaran terpaksa tidak dapat, dan kurang nya tangung jawab amil dalam mendistribusikan zakat fitrah sehingga pembagian zakat fitrah selalu dibagikan setelah lebaran. Ruang lingkup penelitian ini adalah semua amil zakat fitrah di desa Serombou Indah yang terdiri dari enam dusun yang terdapat 5 buah Masjid dan 1 Mushalla. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan mengumpulkan data dari amil zakat fitrah desa Serombou Indah dengan metode pengumpulan data obserpasi, angket, wawancara, serta studi kepustakaan. Setelah data tersebut terkumpul penulis menulis data tersebut secara deskriftif dan dianalisa dengan cara deskriptif kualitatif. Diakhir penulisan ini penulis menyimpulkan bahwa dalam masayarakat desa Serombou Indah selalu terjadi pembagian zakat fitrah setelah lebaran meskipun sudah ada usaha pembagian zakat fitrah dilakukan sebelum lebaran tetapi tidak berjalan. Faktor penyebab pembagian zakat fitrah setelah lebaran adalah karena adanya kebiasaan masyarakat yanag membayarkan zakat fitrah pada malam hari raya bahkan pada pagi hari raya sehinga hal itu sangat menyulitkan bagi amil untuk membagikan sebelum lebaran, dan adanya kebiasaan dari dulu bahwa pembagian zakat fitrah dibagi kan setelah lebaran, kurangnya tangung jawab amil dalam menjalankan tugasnnya sebagai amil zakat fitrah, serta kurangnya peranan para tokoh agama dalam menyikapi permasalah yang terjadi di tengah-tengah masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 200 Agama > 290 Agama Selain Kristen > 297 Islam > 297.5 Etika Islam, Praktik Keagamaan > 297.54 Zakat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga (Ahwal Al-Syakhsiyah)
Depositing User: Feni Marti Adhenova
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:51
Last Modified: 23 Aug 2017 03:51
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10495

Actions (login required)

View Item View Item