ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR ADMINISTRASI PENERIMAAN PAJAK RUMAH MAKAN DAN RESTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU

M. Sukri, (2010) ANALISIS SISTEM DAN PROSEDUR ADMINISTRASI PENERIMAAN PAJAK RUMAH MAKAN DAN RESTORAN PADA DINAS PENDAPATAN DAERAH KOTA PEKANBARU. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_201019ADN.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang pokok pemerintahan di daerah, pajak merupakan sumber pendapatan daerah agar daerah tersebut dapat melaksanakan otonominya. Yaitu mampu mengurus rumah tangganya sendiri. Disamping penerimaan yang berasal dari pemerintah berupa subsidi atau bantuan dan bagi hasil pajak dan bukan pajak. Sumber pendapatan tersebut diharapkan menjadi sumber pembiayaan penyelenggaraan pemerintah dan pembangunan daerah untuk meningkatkan pemerataan kesejahteraan masyarakat sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai. Tidak terkecuali pula bagi daerah kota Pekanbaru yang juga termasuk sebagai daerah otonom. Yang mana untuk menyelenggarakan pemerintahan dan melakukan pembangunan membutuhkan biaya atau sumber pembiayaan. Maka Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru sebagai unsur pelaksana pemerintahan di bidang pendapatan daerah harus mampu menggali potensi-potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui sektor pajak dan retribusi daerah. Mengingat keterbatasan kemampuan untuk meneliti semua maka penulis melakukan wawancara terhadap unit pelaksana terkait yang berkenaan dengan sistem penerimaan pajak daerah dan retribusi daerah terkhusus sistem dan prosedur penerimaan pajak rumah makan dan restoran. Penjaringan data primer dan data sekunder dilakukan melalui kegiatan wawancara secara langsung kepada responden yang terkait. Selanjutnya data tersebut di analisa secara deskriptif analisis melalui pendekatan kualitatif dan kuantitatif berdasarkan alternatif tanggapan responden yang disajikan dalam tabel-tabel frekuensi beserta uraiannya. Dari pengelolaan data yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa sistem penerimaan pajak rumah makan dan restoran pada Dinas Pendapatan Daerah Kota Pekanbaru dikatagorikan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 350 Administrasi Negara, Ilmu Kemiliteran > 351 Administrasi Negara
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Ilmu Sosial > Administrasi Negara
Depositing User: Mr. Muhammad Arif
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:34
Last Modified: 23 Aug 2017 03:34
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10490

Actions (login required)

View Item View Item