UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA PADA POKOK BAHASAN SENYAWA KARBON DI KELAS X.3 MADRASAH ALIYAH NEGERI DUMAI

Lindawati, (2010) UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR TEMAN SEBAYA PADA POKOK BAHASAN SENYAWA KARBON DI KELAS X.3 MADRASAH ALIYAH NEGERI DUMAI. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010295PK.pdf

Download (288kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan kreativitas mengajar guru dalam pengelolaan proses pembelajaran kimia di kelas. Dalam kegiatan pembelajaran, guru masih melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan pembelajaran tradisional. Keadaan tersebut berpotensi menimbulkan kejenuhan, kebosanan serta menurunkan keaktifan siswa dalam belajar. Berdasarkan uraian permasalahan diatas, melalui penelitian ini diharapkan guru mampu memainkan peran sebagai inovator pembelajaran. Peningkatan kreativitas mengajar guru mutlak perlu dikembangkan. Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X.3 Madrasah Aliyah Negeri Dumai, sedangkan objeknya adalah keaktifan belajar siswa dalam pokok bahasan senyawa karbon dengan menggunakan metode tutor teman sebaya. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan metode tutor teman sebaya di Madrasah Aliyah Negeri Dumai. Penelitian ini dilakukan dengan tiga siklus. Pada siklus pertama, sebagian siswa belum terbiasa dengan kondisi belajar yang menggunakan metode tutor teman sebaya, sehingga dilakukan tindakan dengan memberikan motivasi kepada siswa agar lebih aktif dalam pembelajaran, menempetkan tutor pada posisi ditengah dalam kelompok dan lebih intensif dalam membimbing kelompok yang mengalami kesulitan. Dalam siklus kedua, siswa sudah mulai memahami pembelajaran dengan metode tutor teman sebaya dan menunjukkan hasil yang memuaskan. Dari hasil observasi, keaktifan siswa meningkat dari 63,60 % menjadi 82,95% pada siklus kedua dan meningkat lagi menjadi 91,25 % pada siklus ketiga. Dari hasil pelaksanaan siklus pertama, kedua dan ketiga maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode tutor teman sebaya dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada pokok bahasan senyawa karbon di kelas X.3 pada Madrasah Aliyah Negeri Dumai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:29
Last Modified: 23 Aug 2017 03:29
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10489

Actions (login required)

View Item View Item