PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK

Narfi Susanty, (2010) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA KELAS XI IPA MADRASAH ALIYAH NEGERI KUOK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

[img]
Preview
Text
2010_2010260PK.pdf

Download (562kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran kimia kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Investigasi kelompok. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kuok dengan jumlah siswa sebanyak 34 orang. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kuok Kecamatan Bangkinang Barat Kabupaten Kampar. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, siklus I terdiri dari tiga kali pertemuan dan satu kali ulangan harian dan siklus II terdiri dari dua kali pertemuan dan satu kali ulangan harian. Agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik tanpa ada hambatan yang mengganggu kelancaran penelitian, peneliti menyusun tahapan-tahapan yang dilalui dalam penelitian tindakan kelas, yaitu : Perencanaan/persiapan tindakan, Pelaksanaan tindakan, Observasi dan Refleksi. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa penelitian ini dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar kimia siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Negeri Kuok pada materi pokok sistem koloid. Rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa sebelum tindakan dikategorikan rendah yaitu 51,45% dan 58,09%. Sedangkan pada siklus I setelah tindakan rata-rata keaktifan dan hasil belajar siswa dikategorikan sedang yaitu 83,82% dan 71,03%, dan pada siklus II dikategorikan tinggi yaitu 90,19% dan 82,29%, artinya minimal 75% siswa sudah mencapai kriteria yang ditetapkan. Dari penjelasan diatas menunjukkn bahwa keaktifan dan hasil belajar siswa dalam pelajaran kimia pada materi pokok sistem koloid di kelas XI IPA MAN Kuok dapat ditingkatkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mutiara Jannati
Date Deposited: 23 Aug 2017 03:27
Last Modified: 23 Aug 2017 03:27
URI: http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10487

Actions (login required)

View Item View Item