Mohd. Amin HR (2010) PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR KIMIA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH ASY-SYAFI’IYAH AIRTIRIS. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.
|
Text
2010_2010236PK.pdf Download (349kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran kooperatif Tipe STAD adalah salah satu model pembelajaran dengan pengelompokan siswa ke dalam kelompok kecil secara heterogen. Pembelajaran ini diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa kelas X MA Asy Syafi’iyah Airtiris yang relatif rendah. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Asy-Syafi’iyah Airtiris dari awal Mei sampai akhir bulan Mei 2009. Penelitian ini berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan dilaksanakan dengan 2 siklus. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu sebelum model pembelajaran kooperatif Tipe STAD diterapkan, peneliti mengadakan observasi awal kepada siswa dengan mengisi lembaran motivasi selanjutnya peneliti menerapkan pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan mengamati perkembangan motivasi dengan mengisi lembar observasi. Untuk menguji apakah pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan motivasi siswa, maka digunakan rumus chi kuadrat. Dari analisis data diperoleh harga chi kuadrat χ2 = 51,73091. Berkonsultasi dengan harga kritik chi kuadrat dengan df = 4 diperoleh harga chi kuadrat pada taraf signifikan 5% = 9,49 dan pada taraf 1% = 13,28. Harga chi kuadrat lebih besar dari harga kritik chi kuadrat menyatakan bahwa Ha diterima yang berarti penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas X MA Asy-Syafi’iyah Airtiris.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > 373 Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > 373.238 Sekolah Menengah Atas, SMA |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Mutiara Jannati |
Date Deposited: | 23 Aug 2017 03:26 |
Last Modified: | 23 Aug 2017 03:26 |
URI: | http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/10485 |
Actions (login required)
View Item |